FKUB: Presiden perlu perkuat pemahaman keagamaan untuk indosesia damai

id Fkub, Sulteng, Zainal abidin

FKUB: Presiden perlu perkuat pemahaman keagamaan untuk indosesia damai

Ketua FKUB Sulawesi Tengah Prof Zainal Abidin, M.Ag sakaligus Ketua MUI Kota Palu menyampaikan ceramah agama di hadapan umat Islam pada peringatan setahun bencana gema, tsunami dan likuefaksi, di lapangan vatulemo Palu, Sabtu (28/9/2019) malam. (ANTARA/Moh Ridwan)

Palu (ANTARA) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah mengharapkan Presiden-Wakil Presiden yang baru dilantik Joko Widodo-Ma'ruf Amin agar memperkuat pemahaman keagamaan kepada umat beragama untuk kepentingan Indonesia aman dan damai. 

Ketua FKUB Sulawesi Tengah Zainal Abidin, di Palu, Selasa mengatakan penguatan pemahaman keagamaan sangat penting untuk kebaikan serta kemaslahatan umat maupun bangsa. Sebab ilmu agama merupakan pondasi kokoh membawa kedamaian dalam bermasyarakat.

"Kita ingin Presiden-Wakil Presiden termasuk kabinet yang baru memprioritaskan penguatan keagamaan bagi setiap agama. Agama merupakan satu-satunya rujukan yang terbaik demi kesatuan dan persatuan bangsa, " ujar Zainal yang juga pakar pemikir Islam modern. 

Menurutnya Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang dilantik menjadi Presiden Republi Indonesia periode 2019-2024 pada tanggal 20 Oktober 2019 memiliki visi-misi yang perlu didukung semua pihak untuk kepentingan kesejahteraan rakyat baik dari segi politik hingga agama. 

Menurutnya, selain menguatkan pemahaman keagamaan, Presiden-Wakil Presiden juga perlu meningkatkan kerukunan antar umat beragama serta mengembangkan Islam nusantara dan berkemajuan dilapisan masyarakat guna meminimalisir geseka-gesekan yang bisa memicu timbulnya perselisihan. 

"Kita tidak perlu berselisih paham, saat ini mari bersama-sama bergandengan tangan mendukung langkah pemerintah untuk memajukan bangsa," kata dia menambahkan. 

Ketua MUI Kota Palu ini menilai, pada kabinet pemerintahan Joki Widodo-Ma'ruf Amin kali ini terdapat sejumlah tokoh-tokoh agama diangkat menjadi calon Menteri, olehnya dengan pelibatan mereka dalam sistem pemerintahan diharapkan dapat memberikan perubahan lebih baik guna memberikan jaminan dan perlidungan terhadap kerukunan antar umat beragama.