FAO Serahkan Kandang Komunal Untuk Korban Merapi

id FAO, kandang

FAO Serahkan Kandang Komunal Untuk Korban Merapi

(FOTO ANTARA/Noveradika)

Ia berharap bantuan ini bisa berguna bagi kehidupan masyarakat korban erupsi Gunung Merapi.
Sleman (antarasulteng.com) - Badan dunia "Food and Agriculture Organization", Senin, menyerahkan bantuan kandang komunal dan ternak bagi korban erupsi Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Magelang,Jawa Tengah.
         
Bantuan bagi korban Merapi dari Dusun Bakalan, Desa Argomulyo, Cangkringan, Sleman dan Warga Dusun Blongkeng, Kabupaten Magelang tersebut diserahkan secara soimbolis oleh FAO Representative, Mustafa Imir didampingi Bupati Sleman Sri Purnomo dan Kepala BPBD Kabupaten Magelang Eko Triyono di hunian tetap korban Merapi Dusun Kuwang, Argomulyo.
          
Bantuan berupa ternak  berupa 54 ekor sapi betina, 190 ekor kambing dan domba.
          
Mustafa Imir mengatakan, pemberian bantuan ternak bagi  korban erupsi Gunung Merapi merupakan program bersama pemerintah Indonesia dengan beberapa lembaga PBB yakni UNDP, FAO, dan IOM.
         
"Program ini untuk mendukung pemulihan ekonomi pascabencana erupsi Merapi 2010. Dana bersumber dari Indonesia Disaster Fund, dan New Zealand Aid," katanya.
         
Ia berharap bantuan ini bisa berguna bagi kehidupan masyarakat korban erupsi Gunung Merapi.
         
"Ke depan bantuan yang telah diberikan bisa  menjadi model pengembangan kandang bersama dengan perspektif pengurangan risiko bencana," katanya.
         
Camat Cangkringan, Bambang Nurwiyono mengatakan, sekarang baru 82 warga hunian tetap yang mendapat bantuan ternak, total warga korban erupsi yang  tinggal di huntap Kuwang  ada 260 keluarga.
         
"Bantuan ini sifatnya  bergulir jadi nanti jika sudah beranak akan digulirkan ke warga yang belum memiliki," katanya.