Wagub Sulteng: Pemuda Sulteng harus bersatu untuk wujudkan Indonesia maju

id Hari Sumpah Pemuda,Palu,Sulteng,Pasigala

Wagub Sulteng: Pemuda Sulteng harus bersatu untuk wujudkan Indonesia maju

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Dg Pallabi menyampaikan amanatnya dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 di halaman Kantor Gubernur Sulteng di Kota Palu, Senin (28/10). (ANTARA/HO/ISMAIL SALAHUDDIN)

Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional
Palu (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Dg Pallabi meminta seluruh pemuda termasuk di Sulteng bersatu untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang diinginkan para pendiri bangsa yakni Indonesia maju.

Dalam sambutannya pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 di halaman Kantor Gubernur Sulteng di Kota Palu, Senin, ia menyebut pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini menjadi salah satu tanda kemajuan Indonesia. Namun para pemuda harus sanggup mengimbangi pesatnya perkembangan tersebut.

"Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing,"katanya.

Namun, lanjutnya, di sisi lain perkembangan itu mempunyai dampak negatif. Informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya.

"Apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara," ucapnya.

Ia menuturkan pemuda Sulteng dan di Indonesia harus tangguh, yaitu pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas.

"Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,"katanya.

Lebih jauh, Rusli yang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudi Amali menyatakan tema bersatu kita maju pada peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2019 sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa.

Tetapi bagi pemuda menjadi suatu keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju.

"Pemuda untuk indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif, dan mampu bertahan serta unggul dalam menghadapi persaingan dunia," ucapnya.