Bupati Mamuju dukung penyaluran produk ekonomi kreatif masuk pasar modern

id habsi wahid,bupati mamuju,produk ekonomi kreatif,diterima di pasar modern

Bupati Mamuju dukung penyaluran produk ekonomi kreatif masuk pasar modern

Bupati Mamuju habsi Wahid (kanan) menunjukkan salah satu produk hasil olahan dari UKM di Mamuju pada launching produk kemasan dan pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di halaman Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Mamuju, Senin (28/10). (Foto Humas Pemkab Mamuju)

Saya meminta agar dinas terkait segera membuat regulasi yang mengatur penyaluran hasil produksi UKM agar mereka dapat diterima pada pasar modern seperti mal dan minimarket utamanya yang ada di Kabupaten Mamuju
Mamuju (ANTARA) - Bupati Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Habsi Wahid mendukung penyaluran produk ekonomi kreatif dan pemasaran hasil karya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari wilayah ini ke pasar modern seperti mal dan minimarket.

Penegasan itu disampaikan Habsi Wahid pada peluncuran produk kemasan dan pameran produk UMKM di halaman Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Mamuju, Senin.

"Saya meminta agar dinas terkait segera membuat regulasi yang mengatur penyaluran hasil produksi UKM agar mereka dapat diterima pada pasar modern seperti mal dan minimarket utamanya yang ada di Kabupaten Mamuju," kata Habsi Wahid.

Untuk merealisasi hal itu, ia juga meminta dinas terkait agar dapat memfasilitasi pemenuhan persyaratan pasar modern seperti label halal dari Kementerian Agama, maupun label dari BPOM sebagai legitimasi terhadap produk hasil dari UKM.

"Selain itu faktor daya tarik terhadap kemasan produk juga harus diperhatikan," ujar Habsi Wahid.

Ia mengharapkan agar upaya ini segera difasilitasi karena UKM di Mamuju dinilai benar-benar telah berkembang dan mulai menggeliat di masyarakat hingga ke pedesaan.

"Untuk membantu memperbaiki tampilan produk agar lebih menarik, Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian telah memberikan bantuan lima mesin pengemasan yang dibagikan ke lima kecamatan untuk digunakan bersama dalam upaya meningkatkan daya saing hasil produksi UKM," papar Habsi Wahid.

Sementara itu, Kepala Dinas Kopeasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Mamuju Jalaluddin Duka menyampaikan terimakasih kepada Bupati atas dukungan yang diberikan dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan UKM.

Ia mengharapkan agar perhatian tersebut dapat terus dilanjutkan sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terus ditingkatkan.