Bupati Sigi dorong pemuda wirausaha untuk kemandirian ekonomi

id PEMKAB SIGI,PEMUDA SIGI,PEMUDA

Bupati Sigi dorong pemuda wirausaha untuk kemandirian ekonomi

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kecamatan Dolo, Senin (28/10/2019). (ANTARA/HO/Humas pemkab Sigi)

Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta mendorong para pemuda di daerah itu menguasai kemampuan berwirausaha untuk membangun kemandirian ekonomi, baik secara individu maupun kelompok.

"Pemuda perlu memiliki kapasitas berwirausaha, yang di topang dengan kapasitas intelektual dan 'skill' kepemimpinan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional," ucap dia  di Sigi, Senin.

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta mengatakan hal itu saat bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Desa Kota Pulu, Kecamatan Dolo.

Ia menyebut, pemuda harus tangguh, sedangkan untuk menjadi pemuda tangguh harus memiliki karakter moral yang baik dan berkinerja baik.

Selain itu, katanya, harus memiliki kualitas keimanan dan ketakwaaan, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

Baca juga: Perempuan penyintas bencana di Sigi dilatih bidang pertanian
Baca juga: Pemkab Sigi bantu alsintan kelompok tani dua kecamatan produsen pangan


Ia menyebut pemuda saat ini harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan bangsa yang lebih baik.

Hal itu, kata dia, tindak lanjut dari pemuda generasi terdahulu yang mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras, dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa.

"Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia," katanya.

Upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda difasilitasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sigi. Upacara itu diikuti Wakil Bupati Sigi Paulina, Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae, Kapolres Sigi AKBP Wawan Santri, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), DPRD Sigi, kepala OPD, tokoh pemuda, masyarakat, serta para pelajar.

 
Wakil Bupati Sigi, Paulina dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sigi ikut upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kecamatan Dolo, Senin (28/10/2019). (ANTARA/HO/Humas Pemkab Sigi)