Sulteng gelar Kejurprov bulu tangkis jaring atlet berprestasi

id Kejurprov bulu tangkis sulteng

Sulteng gelar Kejurprov bulu tangkis jaring atlet berprestasi

Ketua Umum KONI Sulteng, Drs Anwar Ponulele MSi (tengah) saat penutupan Porprov VIII di pusatkan di Kantor Bupati Parimo, Selasa. (Antara/Anas Masa)

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan kesempatan bagi atlet-atlet daerah untuk mengukur dan mengukir prestasi
Palu (ANTARA) - Provinsi Sulawesi Tengah menggelar kejuaraan provinsi (Kejurprov) cabang olahraga bulu tangkis yang dilangsungkan di Palu sebagai ajang untuk menjaring atlet muda berbakat dan berprestasi yang bakal dibina menjadi aset daerah.

"Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan kesempatan bagi atlet-atlet daerah untuk mengukur dan mengukir prestasi," kata Ketua Umum Pengda PBSI Sulteng Kamil Badrun di Palu, Selasa.
 
Pimpinan Umum Harian Radar Sulteng dan Post Palu itu mengatakan ada banyak bibit atlet di daerah, namun mereka belum mendapatkan pembinaan yang memadai. Salah satu bentuk pembinaan adalah melalui even-even seperti ini. "Bagaimana kita bisa mengukur prestasi atlet kalau tidak ada kejuaraan," kata dia.

Karenanya, Pengda PBSI Sulteng menggelar Kejurprov agar para atlet di kabupaten/kota di provinsi ini bisa menunjukkan kemampuan mereka sebelum bertanding di even yang lebih besar.

Pengda PBSI Sulteng memprogramkan pembinaan atlet mulai dari usia dini.

Baca juga: Minions raup gelar ketujuh tahun ini dengan juarai French Open 2019
Baca juga: Jonatan akui keunggulan Chen Long di final French Open


Sulteng, kata Kamil, memiliki banyak potensi bibit atlet yang berprestasi jika pembinaan dilakukan secara memadai dan profesional. "KIta pernah melahirkan seorang atlet nasional yang telah mengharumkan nama Indonesia di berbagai kejuaraan internasional, yakni Lili Tampi," katanya.

Pengda PBSI Sulteng berharap ke depan akan lahir atlet-atlet berprestasi yang sama dengan Lili Tampi untuk menjadi aset daerah maupun nasional.

Di kejurprov bulu tangkis se-Sulteng yang berlangsung di Kota Palu diikuti 112 atlet dari sembilan kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tengah.

Ketua Umum KONI Sulteng Anwar Ponulele berharap kejurprov dapat melahirkan atlet berprestasi guna mengharuskan nama Sulteng di berbagai even nasional, termasuk di PON XX Papua 2020. Di PON XX, Sulteng bertekad untuk memperbaiki peringkat dari posisi 32 pada PON XIX 2016, naik ke posisi lebih terhormat.