Masyarakat Parimo diminta ciptakan inovasi baru hadapi HPS

id hari pangan sedunia, parigi moutong, bupati parimo

Masyarakat Parimo diminta ciptakan inovasi baru hadapi HPS

Bupati Pargi Moutong samsurizal Tombolotutu memimpin rapat persiapan pelaksanaan hari pangan Sedunia (HPS) di rumah jabatannya, di parigi, Selasa (29/10/2019). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Parimo)

Panitia pusat meminta kita menyiapkan rumah untuk penginapan tamu undangan dan harus memenuhi sejumlah kriteria antara lain harus memiliki air bersih, toilet dan pendingin ruangan (ac)
Parigi (ANTARA) - Bupati Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Samsurizal Tombolotutu mengatakan masyarakat di daerahnya harus mampu menciptakan inovasi baru guna menghadapi Hari Pangan Sedunia (HPS) 2020.

Peringatan HPS 2020 secara nasional akan dipusatkan di Parigi Moutong.

"Kita ingin masyarakat bisa menciptakan satu produk baru sebagai poin tertinggi penilaian pada hari pangan sedunia," kata Samsurizal saat memimpin rapat persiapan HPS, di Parigi, Selasa.

Dia menjelaskan, inovasi terbaru milik masyarakat nantinya akan ditampilkan dalam gelaran kegiatan itu. 
Dirinya meminta para camat sebagai pimpinan wilayah di kecamatan agar menyeleksi produk inovasi masyarakat yang sudah ada.

Baca juga: Lomba Makan Nonberas Meriahkan Hari Pangan Sedunia
Baca juga: Kemendes PDTT bantu ribuan kepiting bakau Parigi Moutong


Bupati menginginkan, inovasi yang diciptakan masyarakatnya harus produk yang belum pernah ditampilkan di daerah lain. 

Inovasi itu dapat diambil dari sektor pertanian, perdagangan, perikanan, ketahanan pangan maupun kesehatan sehingga dapat diklaim menjadi produk asli daerah.

Pada gelar HPS 2020 mendatang Parigi Moutong ditunjuk sebagai tuan rumah, olehnya dia menghimbau camat di sejumlah wilayah mulai dari Kecamatan Toribulu hingga Kecamatan Torue agar mendata 1.000 rumah sehat di wilayah masing-masing untuk dijadikan penginapan bagi para tamu yang menghadiri kegiatan tersebut.

"Panitia pusat meminta kita menyiapkan rumah untuk penginapan tamu undangan dan harus memenuhi sejumlah kriteria antara lain harus memiliki air bersih, toilet dan pendingin ruangan (ac)," kata Samsurizal menambahkan.

Bupati juga menekankan kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Parigi Moutong agar tetap fokus pada tugas yang telah dibebankan yakni meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) harus berjalan dan lebih ditingkatkan.

"Adipura bukan target prestasi individu, tetapi ini demi kebaikan daerah olehnya secara kolektif kita harus berjuang mewujudkan target itu," tuturnya.***
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar