Pemprov Sulteng siap gelar pasar murah hadapi Natal dan Tahun Baru

id sulteng, pasar, murah

Pemprov Sulteng  siap gelar pasar murah hadapi Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi. Sejumlah warga berbelanja berbagai kebutuhan pokok yang dijual pada pasar murah yang digelar di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (29/1/2019). Pasar murah yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tengah bekerja sama dengan sejumlah BUMN, distributor, retail modern serta UKM itu dilaksanakan dalam rangka menyambut perayaan tahun baru Imlek 2570. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah.


Biasanya menjelang hari-hari raya, harga sedikit mengalami kenaikan dan Pemprov Sulteng selalu melaksanakan pasar murah
Palu (ANTARA) - Pemerintah Sulawesi Tengah siap menggelar pasar murah menghadapi Natal dan Tahun Baru untuk membantu dan meringankan beban masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan strategis dan keperluan rumah tangga lainnya.

"Biasanya menjelang hari-hari raya, harga sedikit mengalami kenaikan dan Pemprov Sulteng selalu melaksanakan pasar murah," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, Zainuddin Hak di Palu Kamis.

Ia mengatakan Pemprov Sulteng setiap menghadapi hari raya menyelenggarakan pasar murah dan itu sangat membantu masyarakat, sebab harga relatif lebih murah dibandingkan di pasaran umum.

Di pasar murah, kata dia, harga yang berlaku adalah harga distributor. Artinya harga tersebut sama dengan harga jual distributor kepada pengecer.
Karena itu, setiap kali ada kegiatan dimaksud, masyarakat menyerbu lokasi-lokasi pasar murah.

Menghadapi Natal dan Tahun Baru, pasar murah kembali akan dilaksanakan oleh Pemprov Sulteng bekerja sama dengan beberapa BUMN, dinas terkait dan juga tentu para distributor.

Dia juga mengatakan tim Pengendali Inflasi daerah (TPID) secara rutin melaksanakan monitoring dan evaluasi dengan turun ke pasar tradisional maupun modern untuk memastikan ketersediaan berbagai bahan/barang kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya di pasaran.

Jika terjadi gejolak harga yang melampaui batas toleransi, biasanya dilakukan operasi pasar (OP) oleh Perum Bulog Sulteng.

Perum Bulog Sulteng selama ini sangat mendukung kegiatan-kegiatan pasar murah dan juga OP di daerah ini. Bukan hanya di Palu saja, tetapi juga di seluruh kabupaten/kota yang ada di provinsi Sulteng.

Soal persediaan bahan kebutuhan pokok, Zainuddin menjamin mencukupi kebutuhan masyarakat, sebab jauh sebelumnya para distributor telah mengantisipasi dengan mendatangkan pasokan dalam jumlah memadai.

Berikut harga beras di pasaran untuk jenis medium Rp9.000/kg, jenis premium Rp12.000/kg, gula pasir Rp12.500/kg, daging sapi segar Rp110.000/kg dan ayam potong Rp50.000/ekor.