Kakanwil Perbendaharaan Irfa Ampri: Palu jadi prioritas pemerintah pusat

id Kanwil Perbendaraan,Hari Uang,HORI 2019

Kakanwil Perbendaharaan Irfa Ampri: Palu jadi prioritas pemerintah pusat

Kepala Kanwil Perbendaharaan Sulteng Irfa Ampri mengangkat salah sastu jenis hadiah yang disediakan dalam acara jalan sehat peringatan HORI ke-73 Tingkat Pemprov Sulteng di Lapangan Vatulemo, Kota Palu, Sabtu (2/10). (ANTARA/Rolex Malaha)

Palu (ANTARA) - Kepala Kanwil Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah Irfa Ampri mengatakan Kota Palu menjadi perhatian dan prioritas pemerintah pusat untuk mendorong bangkitnya sektor ekonomi melalui pemberian kebijakan fiskal dan moneter yang diperlukan.

"Tahun 2019 ini, pemerintah pusat mengucurkan dana bantuan (dana tranfer) ke Provinsi Sulteng sekitar Rp17 triliun sebagai wujud perhatian pusat untuk pembangunan di daerah ini," katanya kepada wartawan di sela jalan santai memperingati Hari Oeang Republik Indoesia (HORI) ke-73 di Lapangan Vatulemo, Kota Palu, Sabtu.

Irfa yang juga Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan di Sulteng itu mengatakan bahwa Kementerian Keuangan akan terus mendukung kebangkitan ekonomi Sulteng khususnya di Kota Palu, Sigi dan Donggala yang ditimpa bencana besar 28 September 2018, lewat kebijakan fiskal, sedangkan Bank Indonesia menopangnya dengan kebijakan moneter.

Ia juga berharap pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota, semakin kreatif menggunakan hak otonomi daerah yang dimilikinya untuk membuat kebijakan-kebijakan yang mendorong iklim investasi bagi pelaku usaha sehingga ekonomi bisa bertumbuh dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

"Kami berharap, pertumbuhan ekonomi di daerah ini akan tetap berada di atas rata-rata nasional," ujar Irfa pada acara yang dihadiri Kadispora Sulteng, Kepala Perwakilan BI Palu, Kepala KPLN Palu, Kepala Kantor Pajak Pratama Palu, Kepala Bea Cukai Pantoloan dan Pimpinan Bank-bank Negara se-Kota Palu tersebut.

Baca juga: Sulteng terima Rp17,2 triliun dari APBN selama 2019
Baca juga: Raih opini WTP lima tahun berturut-turut, Gubernur Sulteng terima penghargaan Menkeu


Menurut Irfa, tanda-tanda pemulihan Kota Palu dan sekitarnya pascabencana 28 September 2019 sudah terlihat dan pelaku usaha tapak mulai bergairah.

Karena itu pihaknya juga terus mendorong bank-bank negara untuk menyalurkan pinjaman kepada para pelaku usaha sesuai dengan kemampuan mereka membayar angsuran.

"Harapan kami, para korban bencana alam yang saat ini masih tinggal di hunian-hunian sementara sudah bisa pindah ke hunian tetap sebagai milik sendiri pada tahun depan," ujarnya.
Masyarakat antre menukar uang pada mobil khusus BI Perwakilan Palu yang diparkir di tempat acara puncak Jalan Sehat memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-73 di Lapangan Vatulemo, Palu, Sabtu (2/11) (ANTARA/Rolex Malaha)


Terkait dana transfer yang ditangani Kanwil Perbendaharaan Sulteng, Irfa menyebut bahwa pemerintah pusat lewat Kemenkeu mengalokasikan dana bantuan ke Provinsi Sulteng senilai Rp17 triliun pada 2019, dan hingga Oktober sudah diserap hampir 80 persen.

"Kami berharap, pemda-pemda memanfaatkan seluruh alokasi tersebut seoptimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat," katanya dengan menyebut bahwa dana transfer dimaksud terdiri atas Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, DAK Non-fisik, Dana Desa dan Dana Otonomi Daerah.


Terkait jalan sehat HORI 2019 yang mengambil tema "Maju Bersama Menghadapi Tantangan", Irfa menyebut bahwa kegiatan ini merupakan bakti seluruh aparat dan pemangku kepentingan di sektor keuangan dalam memberi semangat dan mendrong masyarakat Kota Palu untuk segera bangkit kembali dari keterpurukan akibat gempa bumi, tsunami dan likuefaksi 2018.

"Kita menghadapi banyak tantangan dalam pembangunan, khususnya di bidang ekonomi, makanya fisik harus tetap sehat agar kuat menghapi tantangan itu," ujarnya.

Jalan sehat HORI ke-73 tingkat Provinsi Sulteng itu diikuti sekitar 800 peserta yang sebagian besar adalah karyawan dan keluarga besar karyawan jajaran Kementerian Keuangan serta BUMN keuangan seperti bank-bank negara, mahasiswa dan masyarakat serta dimeriahkan dengan undian-undian yang menyediakan puluhan hadiah menarik.
 
Kepala Kanwil Perbendaharaan Sulteng Irfa Ampri (kanan) dan Kadispora Sulteng Irfan Aryanto memasuki garis finis dalam acara jalan sehat peringatan HORI ke-73 Tingkat Pemprov Sulteng di Lapangan Vatulemo, Kota Palu, Sabtu (2/10). (ANTARA/Rolex Malaha)
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar