Presiden Jokowi sampaikan kepercayaan strategis kunci stabilitas kawasan

id Jokowi, KTT ASEAN, Presiden Joko Widodo, Menlu, Retno Marsudi, Bangkok, Thailand, November 2019, KTT Ke 22 ASEAN-RRT, ko

Presiden  Jokowi sampaikan kepercayaan strategis kunci stabilitas kawasan

Presiden Joko Widodo saat menghadiri pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-35 ASEAN di Impact Exhibition & Convention Center, Bangkok, Thailand pada Minggu (3/11/2019). ANTARA FPTP/HO/Rusman, Biro Pers Setpres.

Trust akan terwujud jika kita berkomitmen untuk mengutamakan dialog dan penyelesaian sengketa secara damai, dan menghormati, serta mematuhi hukum internasional, termasuk UNCLOS 1982
Jakarta (ANTARA) - Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-22 ASEAN-RRT, Presiden Joko Widodo menyampaikan kepercayaan strategis menjadi kunci untuk membangun perdamaian dan stabilitas di kawasan, termasuk di Laut China Selatan.

"Trust akan terwujud jika kita berkomitmen untuk mengutamakan dialog dan penyelesaian sengketa secara damai, dan menghormati, serta mematuhi hukum internasional, termasuk UNCLOS 1982," kata Presiden Jokowi saat pidato dalam KTT Ke-22 ASEAN-RRT di Impact Exhibition & Convention Center, Bangkok, Thailand, Minggu.

Presiden menilai upaya pembangunan stabilitas dan perdamaian di kawasan terus dilakukan, salah satunya penyelesaian putaran pertama perundingan Code of Conduct in the South China Sea pada 2019.

Presiden dua periode itu berharap kemajuan dalam perundingan tersebut dapat selaras dengan situasi di lapangan.

Dia juga menyampaikan agar tidak ada pihak mana pun yang melakukan tindakan yang dapat meningkatkan ketegangan di kawasan.

"Dengan cara ini, strategic trust antara ASEAN dan RRT dapat terjaga. Jika ini dilakukan, kemitraan ASEAN-RRT dalam 3 dekade ke depan akan menjadi pilar penting bagi stabilitas, perdamaian dan kemakmuran di Kawasan Indo-Pasifik," demikian Presiden Jokowi dalam siaran pers dari Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Erlin Suastini.

Selain itu dalam pidatonya, Presiden juga mendorong konsep Indo-Pacifik dengan mengedepankan kolaborasi antarnegara-negara di kawasan.

ASEAN bersama RRT memiliki komitmen yang sama untuk memastikan stabilitas dan perdamaian sebagai kunci kesejahteraan.

Jokowi berharap ASEAN outlook Indo-Pacific dapat terus mendorong stabilitas, keamanan dan kesejahteraan di kawasan Indo-Pasifik.

Baca juga: Krisis Rakhine State dan upaya perdamaian Palestina dibahas Jokowi bersama PBB
Baca juga: Presiden Joko Widodo dorong kolaborasi Indo-Pasifik dalam KTT ASEAN-RRT
Baca juga: Presiden Jokowi ajak ASEAN implementasi konkret "outlook" tentang Indo-Pasifik