Kapolri Idham Aziz harap Polri-KPK bangun integritas positif cegah korupsi

id IDHAM AZIS, AGUS RAHARDJO

Kapolri Idham Aziz harap Polri-KPK bangun integritas positif cegah korupsi

Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Idham Azis dan Ketua KPK, Agus Rahardjo, saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Senin (4/11/2019). ANTARA/Benardy Ferdiansyah

Ke depan, kami berharap benar-benar institusi Polri dan KPK ini bisa bergandengan tangan, bisa bersama-sama membangun integritas yang positif di dalam rangka penegakan dan pencegahan masalah tindak pidana korupsi
Jakarta (ANTARA) - Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Idham Azis, mengharapkan Kepolisian Indonesia dan KPK dapat membangun integritas yang positif di dalam rangka penegakan dan pencegahan masalah tindak pidana korupsi.

"Ke depan, kami berharap benar-benar institusi Polri dan KPK ini bisa bergandengan tangan, bisa bersama-sama membangun integritas yang positif di dalam rangka penegakan dan pencegahan masalah tindak pidana korupsi," ucap dia, saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa kedatangannya juga sebagai bentuk silaturahmi pasca ia dilantik sebagai kepala Kepolisian Indonesia.

"Memang sebelumnya juga saya sejak baik di Polda Metro maupun di Bareskrim secara intens membangun komunikasi dan silaturahmi sama beliau sehingga sebagai pejabat baru, saya datang sowan dan bersilaturahmi sama beliau memohon arahan," katanya.

Juga baca: Idham Aziz akan tunjuk Kabareskrim baru tuntaskan kasus Novel
Juga baca: DPR setujui Idham Aziz jadi Kapolri

Dalam pertemuan itu, dia juga membicarakan banyak hal seperti program-program kerjanya.

"Banyak hal-hal yang sudah dibicarakan, kemudian seperti juga di dalam program kerja saya, saya memang memantapkan lagi, apa saja yang sudah baik, yang sudah kita bangun dalam kerja sama selama ini," kata dia.

Sementara itu dalam kesempatan sama, Kepala Divisi Humas Kepolisian Indonesia, Inspektur Jenderal Polisi M Iqbal, menyatakan, kedatangan Aziz ke KPK menunjukkan pesan bahwa ia ingin mendukung dan membantu tugas-tugas KPK.

"Yang jelas masa depan pemberantasan korupsi the show must go on, sekuat-kuatnya, dan teman-teman dan publik juga harus paham Bapak Kapolri setelah dilantik oleh Bapak Presiden yang pertama dikunjungi adalah panglima TNI setelah itu yang kedua ketua KPK. Ini menunjukkan pesan bahwa beliau sangai ingin mendukung dan membantu tugas-tugas KPK secara lembaga," ucap Iqbal.

Sementara itu, Ketua KPK, Agus Rahardjo, juga mengharapkan kedatangan Kapolri bisa memperkuat kerja sama KPK dengan Polri ke depan.

"Ini kunjungan kedua Pak Kapolri setelah beliau ke panglima TNI kemudian ke KPK. Kami sangat berharap dengan kunjungan ini, kerja sama KPK dengan Polri semakin baik, menghasilkan hal-hal yang terbaik bagi bangsa dan negara kita," kata dia.