Tabur bunga di TMP Palu, kenang jasa pahlawan

id Peringatan, hari, pahlawan

Tabur bunga di TMP Palu, kenang jasa pahlawan

Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita, bersama Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Lukaman Wahyu Hariyanto, dan Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola foto bersama di makam Pahlawan Palu, Minggu (10/11).(ANTARA/HO-Penrem)

Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidak datang begitu saja namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu
Palu (ANTARA) - Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita, Kapolda Sulteng Brigjen Pol Lukaman Wahyu Hariyanto, dan Gubernur H Longki Djanggola tabur bunga mengenang jasa pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kota Palu, Minggu.

Kegiatan itu untuk mengenang jasa pahlawan bangsa yang telah gugur. 

Selain tabur bunga, juga dilakukan upacara memperingati Hari Pahlawan di Makorem 132/Tadulako.

Kapenrem 132/Tadulako, Kapten Inf. Ahmad Jayadi, di Palu, Minggu mengatakan peringatan Hari Pahlawan 10 November dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia dan mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.

"Kita merasa beruntung karena hidup dimasa yang damai dan menikmati hasil jerih payah dari para pahlawan yang telah berhasil melepaskan Indonesia dari belenggu penjajahan," katanya.

Baca juga: Menanti kebijakan pemerintah untuk Guru Tua pahlawan nasional

Pada upacara itu, Danrem 132/Tdl Kolonel Inf Agus Sasmita diwakili Kasrem 132/Tdl Letkol Inf Sampang Sihotang membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI.

Upacara Hari Pahlawan kali ini diikuti oleh kelompok Pamendan Pama, Dan/Kasat Disjan dan Staf Korem serta seluruh anggota Korem, Kodim 1306/Donggala dan Disjan jajaran Korem 132.

"Hari Pahlawan 10 November, kita diingatkan kembali pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, salah satu momen paling bersejarah dalam merebut Kemerdekaan Indonesia," katanya.
 
Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola, bersama Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Lukaman Wahyu Hariyanto dan Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita, di makam Pahlawam Palu, untuk tabur bunga, Minggu (10/11).(ANTARA/HO-Humas Polda)


Pada pertempuran tersebut rakyat Indonesia bersatu berjuang pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

"Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidak datang begitu saja namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu," ujarnya.

Peringatan Hari Pahlawan untuk membangkitkan semangat berinovasi dan bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019, "Aku Pahwalan Masa Kini".***
 
Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita, bersama Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Lukaman Wahyu Hariyanto, tabur bunga di makam Pahlawan Palu, Minggu (10/11).(ANTARA/HO-Penrem)
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar