Pemkab Poso luncurkan ekowisata hutan pinus

id Ekowisata Poso,Ekowisata Poso pohon pinus

Pemkab Poso luncurkan ekowisata hutan pinus

Bupati Poso, Sulawesi Tengah, meluncurkan ekowisata hutan pinus di Bukit Panorama Tentena, Senin (4/11). (HumasPoso)

Saya sangat bangga dan mengapresiasi kepada para generasi muda yang kreatif dalam melakukan hal-hal positif dalam pembangunan daerah yang kita cintai bersama ini
Poso (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah meluncurkan ekowisata hutan pinus di Bukit Panorama Tentena.

Ekowisata alam itu merupakan hasil kerjasama Pemkab Poso dan Pemprov Sulawesi Tengah, Dinas Kehutanan Sulawesi Tengah, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Sintuwu Maroso, dan Kelompok Pinus Panorama Tentena (KPPT).

Peluncuran yang dilakukan Senin (4/11) itu dihadiri beberapa pemerhati lingkungan serta tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Pada peluncuran itu Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menandatangani prasasti dan menanam bibit pohon pinus.

Menanggapi kegiatan perlindungan kawasan hutan pinus yang dilaksanakan sekelompok masyarakat peduli hutan pinus ini, Bupati Darmin mengapresiasi serta akan mengupayakan memperbaiki jalan menuju lokasi wisata.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi kepada para generasi muda yang kreatif dalam melakukan hal-hal positif dalam pembangunan daerah yang kita cintai bersama ini," katanya.

Baca juga: Renovasi jembatan Tentena untuk objek wisata dimulai
Baca juga: Bupati Poso lantik sejumlah pejabat di objek wisata


Bupati mengatakan generasi muda telah memberikan karya bakti yang sebenarnya dengan aksi nyata untuk daerah melalui kawasan lokasi wisata hutan pinus.

"Ini kontribusi serta sikap yang patut dicontoh daripada hanya sekedar mencari-cari celah negatif dalam proses pembangunan daerah," ungkap Darmin.

Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Sintuwu Maroso Ir. Lukman, S.Hut, M.Si, IMP mengatakan lokasi tersebut dijadikan tempat wisata untuk melindungi kawasan hutan pinus untuk menjaga kesejukan kota Tentena. 

Sementara itu Ketua Kelompok Pinus Panorama Tentena Afri Ardianto Sigilipu berharap dengan adanya lokasi wisata ini mampu membawa hal maupun inspirasi positif bagi masyarakat Kabupaten Poso yang datang berkunjung.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah, Nahardi mengatakan ke depannya pemerintah akan lebih banyak lagi melakukan mitra kerjasama dengan masyarakat dalam hal perlindungan hutan.

Dia mengatakan tindakan tersebut memberikan kemudahan bagi pemerintah dalam menangani masalah-masalah perlindungan hutan karena masyarakat juga turut dilibatkan secara langsung.***
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar