Petani Parigi Moutong mulai tanam padi di sawah yang baru dicetak

id Sawah, padi, petani, Parigi moutong

Petani Parigi Moutong mulai tanam padi di sawah yang baru dicetak

Seorang petani di Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah sedang membajak sawahnya sebelum ditanami benih padi pada musim tanam April-September 2019. (ANTARA/Moh Ridwan)

Parigi (ANTARA) - Petani Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mulai menanam padi di lahan persawahan yang baru dicetak beberapa waktu lalu yang melibatkan sekitar 178 petani.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Parigi Moutong Nelaon Metubun di Parigi Kamis, mengatakan pemerintah setempat telah merealisasikan sekitar 200 hektare sawah baru untuk mendukung peningkatan produksi komoditas padi di daerah itu.

"Kami ingin tahun ini produksi padi menunjukkan peningkatan signifikan. Untuk itu pemerintah menambah luas lahan persawahan agar sektor pangan kita semakin andal, " ujar Nelson.

Dia menjelaskan, program cetak sawah baru 2019 Pemkab Parigi Moutong menyasar delapan kelompok tani (Poktan) di sejumlah kecamatan, di antaranya Poktan Danau Gatusan Desa Bolano Barat, Kecamatan Bolano seluas 11,75 hektare dari luas lahan disediakan 25,5 hektare. Kemudian Poktan Maju Bersama Desa Tinombala Jaya, Kecamatan Ongka Malino seluas lima hektare dari luas lahan disediakan 29,5 hektare.

Kecamatan Tinombo Selatan terdapat tiga dari lima kelompok sudah melakukan pematangan lahan yakni Poktan Tekun bersama Desa Poly seluas 20,37 hektare dengan realisasi kesiapan lahan 23,75 hektare, Poktan Tani Salmaba Desa Siney seluas 4,73 hektare dari luas lahan disediakan 19,75 hektare dan Poktan Nusantara I seluas 3,33 hektare dari luas lahan disediakan 16,6 hektare.

Bahkan pemerintah setempat telah menyediakan stimulan untuk persediaan sasaran produksi (saprodi) bagi Poktan yang terlibat berupa obat-obatan, pupuk dan benih termasuk alat pertanian.

"Kelompok-kelompk tani yang terlibat sudah memanfaatkan lahan itu dengan menanam padi, " kata Nelson menambahkan.

Sebagai kabupaten penopang utama ketahanan pangan Sulawesi Tengah, paparnya, sudah seharusnya Parigi Moutong memperbesar jumlah produksi komoditas padi yang ditunjang dengan ketersediaan lahan memadai.

Pemerintah setempat mengupayakan produksi padi sawah dan ladang sebesar 276.941 ton dari target luas tanam 55.166 hektare yang terhitung sejak musim tanam Oktober 2018 hingga Maret 2019 dan musim tanam April-September tahun ini.

"Kami menargetkan luas panen tahun ini seluas 52.539 hektare dengan produktivitas 52,71 kuintal per hektare, " ungkap Nelson.
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar