BMKG: aktivitas Palu Koro picu munculnya puluhan sesar baru di Sulteng

id Bmkg palu,Palu koro,Gempa,Sesar

BMKG: aktivitas Palu Koro picu munculnya puluhan sesar baru di Sulteng

Petugas BMKG Geofisika Palu saat menunjukan peta sebaran sejumlah Patahan di Sulawesi tengah, Rabu, 27/11 (ANTARA).

Kalau sesar utamanya adalah Palu Koro. Dari respon sesar Palu Koro bisa terjadi gempa gempa lokal yang jumlahnya  banyak. Itu kita namakan sesar sesar lokal'
Palu (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika stasiun Geofisika klas I Palu, mencatat adanya puluhan patahan atau sesar yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah yang terbentuk akibat sesar utama Palu Koro.

 Patahan tersebut merupakan sesar yang terbentuk akibat sejumlah kejadian gempa yang terjadi di wilayah tersebut, yang diakibatkan oleh sesar utama yang ada di wilayah itu, yakni sesar Palu Koro, kata. Bambang Haryono, Kasi Observasi BMKG Geofisika Palu. Rabu.

Baca juga: DMII-ACT: Harus ada upaya sistematis tanggulangi bencana
Baca juga: Buku Ekspedisi Palu Koro diharapkan jadi acuan pembangunan Sulteng


''Kalau sesar utamanya adalah Palu Koro. Dari respon sesar Palu Koro bisa terjadi gempa gempa lokal yang jumlahnya  banyak. Itu kita namakan sesar sesar lokal', ' ujar Bambang Haryono.

Tingkat aktivitasnya ada, karena pertama dari pergerakan lempeng tersebut. Justru kalau tidak aktif malah dikhawatirkan suatu saat terjadi gempa akan terkumpul energi '' katanya.

Untuk memantau pergerakan sesar ini dan juga mendeteksi gempa bumi yang terjadi di wilayah Sulawesi Tengah, BMKG Palu mendapat tambahan alat pendeteksi gempa sebanyak 14 buah.

"Alat pendeteksi gempa tersebut akan kami pasamg dalam waktu dekat," tambahnya.

 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar