Pegawai BBTNLL dilatih tulis berita untuk publikasikan taman nasional

id taman nasional,lore lindu

Pegawai BBTNLL dilatih tulis berita untuk publikasikan taman nasional

Pegawai dan staff di Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu, saat mengikuti pelatihan peningkatkan kompetensi publikasi, di Kantor BBTNLL, Kamis (28/11/2019).

Palu (ANTARA) - Guna meningkatkan kompetensi personelnya di bidang publikasi, Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) menggelar pelatihan, pada  Kamis (28/11/2019). Materi kegiatan tersebut meliputi penulisan berita dan foto khususnya terkait kegiatan di wilayah Taman Nasional Lore Lindu, yang melibatkan seluruh pegawai dan staff di Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu, Ir Jusman mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau kompetensi personel khususnya dalam publikasi.

Jusman mengaku selama ini publikasi kegiatan dalam BBTNLL belum maksimal,  padahal cukup banyak kegiatan maupun potensi yang layak untuk diberitakan khususnya ke media massa.

'’Publikasi selama ini masih belum maksimal padahal kita cukup banyak kegiatan.Demikian halnya potensi wilayah kita yang seharusnya dipublikasikan ke publik,’’ terangnya.

Melalui kegiatan ini, personel Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu diharapkan termotivasi untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya serta mempublikasikan kegiatannya baik di media internal maupun media massa.

Sementara itu, salah satu jurnalis televisi nasional, Syamsuddin yang menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut mengungkapkan peran publikasi sangat penting dan menjadi salah satu tolak ukur kinerja sebuah institusi.

Menurut dia, publikasi itu tidak hanya semata-mata sebagai bentuk promosi atau pencitraan tapi juga sebagai bukti kerja nyata sebuah institusi atau lembaga.

‘’Biar banyak kegiatan dilakukan tapi tidak terpublikasi maka tentu tidak akan diketahui publik. Begitupula sebaliknya. Biar tidak banyak kegiatan tapi selalu dipublikasikan akan lebih bagus. Apalagi memang kalau kegiatan itu punya nilai berita yang bagus,’’ tandasnya.

Syamsuddin juga menilai di kawasan Taman Nasional Lore Lindu cukup banyak potensi wisata maupun potensi lainnya yang menarik untuk dipublikasikan melalui media massa baik cetak maupun elektronik.

Publikasi yang intens akan menjadi salah satu pendukung dalam mendatangkan Wisatawan ke wilayah Taman Nasional Lore Lindu.