Menpora Berharap Piala Sudirman Dibawa Pulang Ke Indonesia

id piala sudirman, bulu tangkis

Menpora Berharap Piala Sudirman Dibawa Pulang Ke Indonesia

Illustrasi (ANTARANews)

Selama Piala Sudirman berlangsung, Indonesia baru satu kali menjadi juara yaitu saat kejuaraan ini pertama kali digelar pada 24-29 Mei 1989.
Semarang (antarasulteng.com) - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo berharap atlet-atlet bulu tangkis terbaik Indonesia saat ini mampu membawa pulang Piala Sudirman yang selama ini dikuasai dua negara yaitu Korea Selatan dan China.

"Kami berharap atlet-atlet terbaik kita mampu merebut kembali Sudirman Cup. Mohon doa restunya," kata Menpora Roy Suryo di sela diskusi kepemudaan bertajuk Peran Pemuda dan Mahasiswa Dalam Pembangunan Karakter Bangsa di Universitas Semarang, Rabu.

Selama Piala Sudirman berlangsung, Indonesia hanya mampu merebut satu kali piala yang menggunakan nama tokoh bulu tangkis Indonesia yaitu saat kejuaraan ini pertama kali digelar pada 24-29 Mei 1989.

Saat itu tuan rumah Indonesia mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-2.

Menurut dia, melihat persiapan atlet yang telah dilakukan, pihaknya optimistis hasil terbaik bisa diraih.

Saat ini prestasi atlet bulu tangkis Indonesia terus mengalami peningkatan meski belum semuanya sesuai dengan harapan.

"Sudah saatnya kita bangkit kembali menjadi yang terbaik," kata pria yang juga ahli telematika itu.

Untuk menghadapi Piala Sudirman di Putra Stadium, Bukit Jalil, Kuala lumpur, Malaysia, 19-26 Mei, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah menyiapkan 19 pemain terbaik saat ini.

Atlet yang diberangkatkan di antaranya Lindaweni Fanetri, Aprilia Yuswandari, Bellatrix Manuputty, Tommy Sugiarto, Dionysius Hayom Rumbaka, Angga Pratama, Rian Agung Saputro, Muhammad Ahsan, Hendra Setiawan, Greysia Polii, Lilyana Natsir, Tontowi Ahmad, Muhammad Rijal, Debby Susanto, Fran Kurniawan Teng.

Tim Piala Sudirman Indonesia yang sudah bertolak menuju Kuala Lumpur juga diperkuat tim pendukung yang terdiri atas dokter, psikolog, fisioterapis, nutrisionis, hingga ahli pijat serta empat pemain di luar tim inti.

Pertandingan dua tahunan yang tidak memperebutkan hadiah uang ini merupakan ajang untuk mengumpulkan poin peringkat IBF.

Sepanjang sejarahnya hanya enam negara yang telah berhasil mencapai babak semifinal Piala Sudirman yakni Indonesia, Korea Selatan, Inggris, Malaysia, China, dan Denmark.

Sementara dari enam negara yang masuk semifinal, Korea Selatan dan China-lah yang paling banyak meraih kemenangan. Korea menang sebanyak tiga kali dan China mampu merebut gelar Piala Sudirman sebanyak delapan kali.

Adapun nomor yang akan dipertandingkan pada Piala Sudirman 2013 di Putra Stadium, Bukit Jalil, Kuala lumpur, Malaysia adalah tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri serta ganda campuran. (B016)