KPU gandeng tujuh segmen pemilih untuk suksesi Pilkada Kota Palu 2020

id pilkada kota palu 2020,pilkada serentak,kpu kota palu

KPU gandeng tujuh segmen pemilih untuk suksesi Pilkada Kota Palu 2020

Sejumlah komisioner KPU Kota Palu memberikan kursus singkat kepemiluan kepada perwakilan tujuh segmentasi pemilih di ruang RPP, Kantor KPU Palu, Senin (2/12/2019). (ANTARA/Muhammad Arsyandi)

Tujuan dari program itu yakni, meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, menjadi mitra kerja KPU Kota Palu dalam hal kepemiluan di masyarakat
Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menggandeng masyarakat dari tujuh segmen pemilih agar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu tahun 2020 nanti berjalan sukses, lancar, terutama partisipasi pemilih meningkat.

Tujuh segmen pemilih itu direkrut oleh KPU Palu dan akan mengikuti program kursus singkat kepemiluan terlebih dulu sebelum terjun ke tengah-tengah masyarakat dan membentuk komunitas-komunitas peduli pemilu.

"Program kegiatan kursus singkat kepemiluan (election shortcourses) merupakan gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya nanti," kata Ketua KPU Palu, Agussalim Wahid saat memberi kursus singkat kepemiluan gelombang satu kepada 22 peserta kursus dari tujuh segmen pemilih di ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP), Kantor KPU Palu, Senin.

Peserta yang mengikuti kursus yang akan dilakukan dalam lima gelombang itu, lanjutnya, akan menjadi mitra KPU Kota Palu dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada seluruh pemilih.

"Program pengembangan komunitas peduli pemilu dan demokrasi merupakan ikhtiar untuk melahirkan embrio komunitas yang peduli dengan isu-isu pemilu dan demokrasi. Mereka inilah yang diharapkan tumbuh dan berkembang secara mandiri, sehingga kursus singkat ini membangun kompetensi dasar kepemiluan," jelasnya.

Ia berharap program tersebut efektif menumbuhkan kesadaran para pemilih akan pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga partisipasi pemilih dan kualitas pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu tahun 2020 mendatang meningkat dan lebih baik dari sebelumnya.

"Tujuan dari program itu yakni, meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, menjadi mitra kerja KPU Kota Palu dalam hal kepemiluan di masyarakat," tambahnya.

Kemudian, sambungnya, menumbuhkan komunitas-komunitas peduli pemilu di tengah masyarakat dan membangkitkan kesukarelaaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi.