Pertanian Sigi diuntungkan dengan perpindahan ibu kota negara

id Bupati Sigi,petani sigi,pertanian sigi,pemkab sigi

Pertanian Sigi diuntungkan dengan perpindahan ibu kota negara

Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohammad Irwan Lapatta di dampingi Kepala Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sigi, Mulyadi memberikan keterangan kepada wartawan, di Sigi, Senin 2/12 (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Ketersediaan dan suplai bahan pokok itu tentu sebagian dari Sigi, meliputi sektor perikanan, peternakan, perkebunan dan pertanian. Namun, ini akan sia-sia bila tidak diikuti dengan kualitas bahan baku
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohammad Irwan Lapatta mengemukakan sektor pertanian Sigi diuntungkan seiring rencana perpindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

"Sigi harus siap, siap menyambut hal yang baik ini. Karena ini adalah rezeki yang luar biasa," ucap bupati di Sigi, Selasa.

Kabupaten Sigi, akan berperan untuk menyuplai sandang dan pangan seiring perpindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

"Ketersediaan dan suplai bahan pokok itu tentu sebagian dari Sigi, meliputi sektor perikanan, peternakan, perkebunan dan pertanian. Namun, ini akan sia-sia bila tidak diikuti dengan kualitas bahan baku," ujarnya.

Karena itu, Bupati meminta agar Dinas Tanaman Pangan-Hortikultura dan Perkebunan Sigi untuk melakukan penguatan di sektor pertanian, perkebunan dengan menggerakkan potensi yang ada termasuk penyuluh pertanian.

Hal itu karena, Kabupaten Sigi merupakan daerah agrobisnis potensial yang menyanggah perekonomian daerah dan nasional. Termasuk di dalamnya tanaman pangan hortikultura dan perkebunan.

Untuk itu dalam mendukung pembangunan ekonomi kerakyatan di sektor pertanian, maka intervensi yang dilakukan yakni membentuk koperasi berbasis pertanian untuk petani untuk menyanggah dan menjaga kestabilan ekonomi pertanian di Kabupaten Sigi.

Bupati berharap kepada para kelompok tani dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk memajukan pertanian di Kabupaten Sigi serta dapat memanfaatkan alat pertanian yang berikan untuk dipergunakan sebaik-baiknya dalam hal ini untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Sigi.

Pada 2019 Pemkab Sigi memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan)  berupa traktor tangan 200 unit kepada kelompok tani serta 100 unit  pompa air kepada petani.

Sementara itu pada 2020, Pemkab Sigi berencana memberikan bantuan traktor tangan kepada petani 200 unit untuk menunjang kegiatan bercocok tanam.***

Baca juga: Sigi tingkatkan ekonomi petani melalui koperasi tani
Baca juga: Kerugian sektor pertanian Sigi pascabencana capai Rp300 miliar
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar