KPU santuni petugas pemilu sakit di Poso

id KPU Poso

KPU santuni petugas pemilu sakit di Poso

KPU Poso usai menyerahkan santunan kepada penyelenggara Pemilu April 2019 di Poso, Rabu. (Fery Timparosa)

Di Poso tidak ada yang meninggal, namun hanya yang sakit ringan dan berat
Poso (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menyerahkan santunan kepada penyelenggara Pemilu serentak April 2019 yang sakit saat menjalankan tugas di daerah itu. 

Penyerahan itu dilakukan secara simbolis di Kantor KPU setempat oleh Ketua KPU Poso Budiman Maliki, di Poso, Rabu. 

"Di Poso tidak ada yang meninggal, namun hanya yang sakit ringan dan berat," kata Budiman.

Dia mengatakan dengan suksesnya pemilu serentak April 2019, KPU Pusat memberikan penghargaan berupa sertifikat kepada PPK dan PPS dan KPPS sebagai penyelenggara aktif pada kegiatan pemilu.

Selain itu kata Budiman, pada hari pencoblosan, di lapangan ditemukan ada yang sakit sehingga KPU Pusat berinisiatif memberikan bantuan santunan pengganti uang pengobatan.

Devisi Partisipasi Masyarakat KPU Poso Wilianita Selviana Pangeti mengatakan, dalam data KPU terdaftar sebanyak 40 orang yang di berikan santunan sakit. Namun dari 40 orang itu, sebanyak lima orang telah menerima santunan melalui transfer bank melalui rekening pribadi. 

"Lima orang itu, sudah melapor ke KPU, telah menerima sejumlah dana yang masuk ke rekening pribadi," tutur Wilyanita.

Dirinya menyebutkan penerimaan bantuan santunan itu berdasarkan penyakit yang diderita selama mengikuti tahapan pemilu serentak, sehingga dana yang masuk bervariasi berdasarkan penyakit ringan atau berat. 

Sementara yang sudah mendapatkan santunan dan sudah melapor yakni Verdi Patu, PPK PPU Rp2 juta, Sunarsih PPK Poso Kota Rp4 juta, Kadek Astuti PPS Desa Tobe Rp6,5 juta, Antonius lengkong Ketua PPS Desa Alitupu Rp6,5 juta dan Nurmin Lappo Kpps Moengko Baru Rp6 juta.****
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar