Alex Ferguson Sanjung David Beckham

id david

Alex Ferguson Sanjung David Beckham

David Beckham (antaranews)

Dia adalah orang yang menakjubkan
Jakarta  (antarasulteng.com) - Daya tahan David Beckham dan kemampuannya menemukan kembali dirinya disebut manajer Manchester United Alex Ferguson "sungguh luar biasa".

Beckham dan Ferguson yang identik dengan Manchester United sampai mantan kapten timnas Inggris ini pindah ke Real Madrid, sama-sama telah mengumumkan diri pensiun dari sepakbola akhir musim ini.

Pertandingan terakhir dari pelatih berusia 71 tahun itu akan digelar esok Minggu, sedangkan Beckham yang kini berusia 38 tahun akan pensiun setelah laga terakhir Paris St Germain melawan FC Lorient 26 Mei nanti.

"Anda berbicara tentang daya tahan dan dalam banyak hal menemukan kembali dirinya, ini sungguh luar biasa," kata Ferguson dalam wawancara dengan BBC.

"Ketika dia pergi ke Amerika tak ada orang di sini yang benar-benar berpikiran dia akan punya karir di sana," kata Ferguson merujuk kepindahan Beckham ke LA Galaxy pada 2007.

"Tapi dia berlanjut dan tetap bisa bermain untuk negaranya, dia bermain untuk AC Milan di laga Eropa (Liga Champions) dan dia telah bermain untuk PSG di ajang Eropa (Liga Champions), saya kira tak ada orang yang membayangkannya.

"Dia punya stamina yang luar biasa...dia bisa seharian berlari dan itu membuatnya tetap bertanding di segala level, bermain untuk negaranya pada usia 30-an."

Beckham bergabung dengan Manchester United pada usia 11 tahun dan telah bermain selama 11 tahun bersama MU dibawah asuhan Ferguson, memenangi enam tropi Liga Premier dan satu tropi Liga Champions.

Gelandang yang menganggap Ferguson sebagai sosok ayah itu tersentak pada 2003 setelah mukanya terkena sepatu akibat tendangan nyasar Ferguson di ruang ganti setelah sang manajer marah karena satu kekalahan memalukan dari lawan MU.  Setahun kemudian sang pemain pindah ke Real Madrid.

"Saya kira dia telah memilih waktu yang tepat (untuk pensiun). Dia telah memenangi tropi liga kembali bersama PSG dan dia sungguh mirip saya, dia punya banyak hal untuk dikerjakan.  Dia adalah orang yang menakjubkan," kata Ferguson seperti dikutip Reuters.(SKD)