Warga Morowali kini tak perlu ke luar daerah urus paspor

id Morowalu,Morowali,Pasigala,Sandi

Warga Morowali kini tak perlu ke luar daerah urus paspor

Bupati Morowali, Taslim (kiri) dan Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Zulkifli (kanan) menandatangani MoU usai menandatangani prasasti peresmian UKK Imigrasi Kelas III Non TPI Banggai di kompleks perkantoran Fonuasingko, Morowali Kamis (5/12). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Morowali)

Morowali (ANTARA) - Bupati Morowali, Taslim bersama Kepala kantor Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Zulkifli meresmikan Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Kelas III Non TPI Banggai di kompleks Perkantoran Fonuasingko, Morowali Kamis (5/12).

Dalam kesempatan itu ia mengatakan warga yang akan mengurus pembuatan paspor, baik untuk keperluan menunaikan haji dan umroh maupun keperluan lainnya tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar Morowali.

“Beberapa tahun lalu warga Morowali yang ingin menunaikan umroh dan haji harus ke Kabupaten Banggai menempuh jarak yang begitu jauh dan biaya yang sangat besar, inilah mungkin yang menjadikan dasar dari Kantor Imigrasi Banggai berinisiatif untuk membangun UKK di sini,"katanya.

Di samping memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengurus pembuatan paspor, lanjutnya, yang paling signifikan akan berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD), mengingat Morowali tengah mensejajarkan diri dengan kabupaten berkembang lainnya di Indonesia dengan industri pengolahan tambang sebagai pendongkrak utamanya yang mempekerjakan banyak tenaga kerja asing

"Di dalamnya (perusahaan pengolahan tambang) terdapat  banyak tenaga kerja asing yang tentunya kehadiran unit kerja ini sangat dibutuhkan oleh Pemkan Morowali. Dengan adanya kantor imigrasi ini, diharapkan dapat memberikan manfaat dan mempermudah bagi masyarakat untuk pembuatan paspor.” Tutupnya.

Sementara itu Kepala kantor Kementerian Hukum dan HAM Sulteng, Zukifli mengatakan UKK tersebur merupakan implementasi dari penandatanganan nota kesepahaman antara Bupati Morowali dan Dirjen Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM belum lama ini.

“Dilihat dari perkembanganhya, alhamdulillah di hari ulang tahun Kabupaten Morowali yang ke-20, UKK ini dapat terwujud. Mulai hari ini juga masyarakat Morowali sudah bisa membuat paspor,"ujarnya.