Pemprov Sulteng mulai buka pendaftaran mudik gratis

id Dishub, Sulteng

Pemprov Sulteng mulai buka pendaftaran mudik gratis

Ilustrasi - Warga yang menjadi peserta program angkutan balik gratis berjalan menuju bus yang akan mengangkut mereka ke kota tujuan Surabaya, di lokasi pemberangkatan di halaman stadion Menak Sopal, Trenggalek, Minggu (9/6) (Ist)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah membuka pendaftaran mudik gratis Natal dan Tahun Baru menggunakan jasa angkutan transportasi darat dari Palu menuju berbagai kota kabupaten dalam daerah itu.

Pantauan ANTARA di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Sulteng, Senin, terlihat beberapa pemudik mendaftarkan diri untuk program mudik gratis yang sudah empat tahun terakhir ini dilaksanakan pemerintah daerah.

Pemprov Sulteng pada program mudik kali ini telah menyiapkan sekitar 500 tiket untuk masyarakat yang tidak mampu dan akan merayakan Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 2020 di kampung halamannya.

Namun, tiket gratis tersebut hanya diperuntukan bagi pelajar, mahasiswa dan warga yang berasal dari kabupaten/kota di Sulteng dan tinggal di Kota Palu baik bekerja,sekolah dan kuliah.

Tiket gratis yang disediakan Pemprov Sulteng hanya berlaku untuk satu kali perjalanan mudik. "Untuk tiket balik, itu ditanggung sendiri oleh pemudik," kata Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkerataapian Dinas Perhubungan Provinsi Sulteng, Sumarno.

Program dimaksud merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah guna membantu meringankan beban masyarakat pengguna jasa transportasi darat yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru di daerahnya masing-masing.

Sumarno mengatakan menyiapkan sekitar 50 bis angkutan kota dalam provinsi (AKDP) untuk mensukseskan program mudik gratis.

Dia berharap program tersebut bisa berjalan lancar, termasuk armada-armada milik perusahaan otobis (PO) yang akan digunakan nanti untuk mengangkut para pemudik,semuanya sudah dipersiapkan dengan baik.

Dalam hal ini, kata dia, menyangkut kelaikan operasi dari aramada itu sendiri dijamin memadai.

Jajaran Dinas Perhubungan tentu tetap akan melaksanakan pemeriksaan fisik kendaraan, termasuk angkutan kota antarprovinsi AKAP) agar semua kendaraan yang beroperasi dijamin laik jalan.
Pewarta :
Editor : Anas Masa
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar