Skenario kelolosan tim-tim ke babak 16 besar pada Liga Champions

id liga champions,16 besar liga champions,grup liga champions,liverpool,napoli,salzburg,ajax,valencia,chelsea,dinamo zagreb

Skenario kelolosan tim-tim ke babak 16 besar pada Liga Champions

Logo Liga Champions melekat dalam bola resmi yang digunakan dalam kompetisi sepak bola paling bergengsi antarklub Eropa tersebut. (ANTARA/AFP/Denis Charlet)

Jakarta (ANTARA) - Menjelang rangkaian laga pemungkas fase penyisihan grup Liga Champions pada Rabu (11/12) dan Kamis (12/12) dini hari WIB, sudah ada delapan tim yang memegang tiket kelolosan ke babak 16 besar.

Artinya, ada delapan tiket lagi yang diperebutkan tak kurang dari 15 tim dan harus diakui persaingan di Grup E-H yang bakal melangsungkan laga pemungkas pada Rabu (11/12) dini hari WIB jauh lebih ketat dibandingkan tim-tim Grup A-D yang berlangsung sehari berselang.

Tiket babak 16 besar dari Grup A dan B sudah menjadi milik Paris Saint-Germain, Real Madrid, Bayern Muenchen dan Tottenham Hotspur. Persaingan di kedua grup itu hanya menyisakan perebutan tempat ketiga yang dihadiahi tiket ke babak gugur Liga Europa.

Sementara itu di Grup C, D, F dan G setidaknya satu tim sudah lolos dari masing-masing grup, yakni secara berurutan Manchester City, Juventus, Barcelona dan RB Leipzig.

Dengan demikian, Grup E yang dihuni juara bertahan Liverpool serta Grup H yang berisikan tim kejutan musim lalu Ajax serta jawara Liga Europa Chelsea, menjadi grup yang bakal menyedot perhatian.

Berikut adalah skenario kelolosan tim-tim ke babak 16 besar Liga Champions (berdasarkan grup dan posisi klasemen sementara):

Grup C

Tim yang sudah lolos: Man City juara grup

Tim yang masih berpeluang lolos: Shakhtar Donetsk, Dinamo Zagreb & Atalanta

Man City sudah lolos dan dipastikan menjadi juara Grup C dengan koleksi 11 poin. Mereka kini menanti siapa yang bakal menjadi pendamping di antara Shakhtar, Dinamo maupun Atalanta.

Klasemen sementara


Skenario kelolosan:

- Shakhtar lolos jika menang atas Atalanta apapun hasil laga lain. Shakhtar juga masih bisa lolos jika imbang bahkan kalah lawan melawan Atalanta asalkan di laga lain Dinamo tidak menang melawan Man City

- Dinamo hanya bisa lolos jika menang melawan Man City dan di laga lain Shakhtar imbang atau kalah melawan Atalanta

- Atalanta bakal menandai musim debutnya di Liga Champions dengan lolos ke babak 16 besar hanya jika menang atas Shakhtar dan di laga lain Dinamo tidak meraih tiga poin kontra Man City

Grup D

Tim yang sudah lolos: Juventus juara grup

Tim yang masih berpeluang lolos: Atletico Madrid & Bayer Leverkusen

Juventus sudah dipastikan lolos sebagai juara Grup D dan akan menunggu apakah Atletico atau Leverkusen yang bakal menjadi pendamping mereka.

Klasemen sementara


Skenario kelolosan:

- Atletico lolos jika menang atas Lokomotiv Moskow, tak peduli hasil laga lain. Atletico juga bisa lolos dengan hasil apapun, selama Leverkusen gagal mengalahkan Juventus

- Leverkusen hanya bisa lolos jika mengalahkan Juventus dan di laga lain Atletico imbang atau kalah dari Lokomotiv
 
Penyerang Liverpool Mohamed Salah (kiri) berusaha menghindari hadangan sayap Red Bull Salzburg Takumi Minamino dalam laga kedua penyisihan Grup E Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Rabu (2/10/2019). (ANTARA/AFP/Paul Ellis)


Grup E

Tim yang sudah lolos: belum ada

Tim yang masih berpeluang lolos: Liverpool, Napoli & Red Bull Salzburg

Liverpool saat ini berada di puncak klasemen dengan koleksi 10 poin dibayangi Napoli (9) di posisi kedua, sehingga keduanya pasti lolos jika menang atas lawan masing-masing di laga pemungkas. Namun Salzburg (7) masih punya peluang lolos menyalip kedua tim.

Klasemen sementara


Skenario kelolosan:

- Liverpool lolos jika menang atau imbang melawan Salzburg tak peduli hasil laga lain. Liverpool juga tetap lolos jika kalah melawan Salzburg tapi di laga lain Napoli dikalahkan Genk.

- Napoli lolos jika menang ataupun imbang melawan Genk tanpa peduli hasil laga lain. Napoli juga masih bisa lolos jika kalah melawan Genk, asalkan di laga lain Salzburg tidak menang melawan Liverpool.

- Salzburg harus menang melawan Liverpool untuk lolos. Jika di laga lain Napoli kalah, Salzburg lolos mendampingi Liverpool. Jika di laga lain Napoli imbang, Salzburg harus menang dengan selisih dua gol atau lebih atas Liverpool.


Grup F

Tim yang sudah lolos: Barcelona juara grup

Tim yang masih berpeluang lolos: Inter Milan & Borussia Dortmund

Klasemen sementara


Skenario kelolosan:

- Inter lolos jika menang melawan Barcelona tanpa peduli hasil laga lain

- Dortmund lolos jika menang atas Slavia Praha dan di laga lain Inter imbang atau kalah dari Barcelona
 

Grup G

Tim yang sudah lolos: RB Leipzig

Tim yang masih berpeluang lolos: Zenit St. Petersburg & Olympique Lyon

Leipzig sudah lolos dan hanya butuh hasil imbang untuk mengamankan posisi puncak Grup G. Mereka kini hanya menanti siapa pendampingnya antara Zenit atau Lyon.

Klasemen sementara


Skenario kelolosan:

- Zenit lolos jika menang atau imbang melawan Benfica dan di laga lain Lyon imbang atau kalah kontra Leipzig. Zenit masih bisa lolos walaupun kalah dari Benfica, asalhkan Lyon juga kalah melawan Leipzig.

- Lyon lolos sebagai juara grup jika menang melawan Leipzig apapun hasil laga lain. Lyon juga masih bisa lolos jika mengimbangi Leipzig, asalkan Lyon kalah dari Benfica.


Grup H

Tim yang sudah lolos: belum ada

Tim yang masih berpeluang lolos: Ajax, Valencia & Chelsea

Grup H jadi salah satu yang paling ketat dan Ajax yang ada di puncak klasemen dengan raihan 10 poin belum aman karena bisa setiap saat disalip Valencia (8) maupun Chelsea (8).

Klasemen sementara


Skenario kelolosan:

- Ajax lolos jika menang atau imbang melawan Valencia tanpa peduli hasil laga lain. Ajax juga masih bisa lolos jika kalah dari Valencia, asalkan Chelsea imbang atau kalah melawan Lille.

- Valencia lolos jika mengalahkan Ajax tak peduli hasil laga lain. Valencia juga masih bisa lolos jika main imbang atau dikalahkan Ajax, asalkan di laga lain Chelsea mendapat hasil serupa dan kedua tim berakhir dengan raihan poin yang sama.

- Chelsea lolos jika menang melawan Lille apapun hasil laga lain. Chelsea juga masih bisa lolos jika mengimbangi Lille, dengan syarat di laga lain Valencia kalah melawan Ajax.