Petahana bupati dan wali kota di Sulteng berebut dukungan NasDem

id NASDEM,PILKADA SERENTAK SULTENG,PILKADA 2020

Petahana bupati dan wali kota di Sulteng berebut dukungan NasDem

Ketua DPW NasDem Sulteng Atha Mahmud. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Petahana bupati, wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota dari delapan kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah berebut dukungan Partai Nasional Demokrat (NasDem) untuk maju bertarung di pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

"Hampir semua petahana bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota berebut dukungan Partai NasDem, kecuali petahana dari Kabupaten Sigi," ucap Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Sulteng, Atha Mahmud, di Palu, Selasa.

Di Sulteng terdapat delapan daerah kabupaten/kota yang akan melangsungkan pemilihan bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota, yakni Kota Palu, Kabupaten Sigi, Tolitoli, Poso, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Tojo Unauna.

Baca juga: Atha Mahmud : NasDem adalah partai nasionalis tipe baru

Namun, kata Atha, dari delapan daerah yang melangsungkan pilkada tersebut, Nasdem hanya membuka pendaftaran di enam kabupaten dan Kota Palu.

"Untuk Kabupaten Tojo Unauna, NasDem tidak membuka pendaftaran bakal calon bupati, karena NasDem telah memiliki kader yang akan diusung pada pilkada tahun 2020," sebut Atha.

Kandidat yang diusung NasDem pada Pilkada tahun 2020 untuk Kabupaten Tojo Una-una, yakni petahana Bupati Muhammad Lahay.

Sementara untuk petahana lainnya masih akan melewati proses dan tahapan pendaftaran dan seleksi hingga ke tingkat DPP NasDem sebelum diberikan dukungan partai.

Atha mengakui saat ini DPD NasDem dari enam kabupaten dan satu kota di Sulteng telah memasukkan nama-nama bakal calon kepala daerah berdasarkan hasil pleno.

"Nama-nama atau berkas yang telah masuk akan dibahas lebih lanjut oleh DPW NasDem Sulteng dalam rapat pleno," sebutnya.

Saat ini DPW NasDem Sulteng, kata Atha, sedang menunggu arahan dari DPP terkait pelaksanaan pleno tingkat DPW, pascakongres DPP NasDem.

Baca juga: Partai NasDem Sulteng evaluasi gerakan pemenangan Pilkada 2020

"Sampai saat ini belum ada arahan mengenai mekanisme pleno. Pascakongres ada perubahan struktur Bappilu DPP NasDem, jadi belum ada arahan," ujarnya.

Dia menegaskan bahwa pleno tingkat DPW dinyatakan sah bila dihadiri oleh unsur DPP. Setiap DPD NasDem tingkat kabupaten/kota, wajib mengusulkan tiga nama bakal calon, dan DPW berhak menambah dua nama.

Sementara itu, Ketua DPD NasDem Kabupaten Sigi, Mohammad Masykur mengemukakan terdapat 16 bakal calon kepala daerah yang berebut dukungan NasDem untuk maju di pilkada kabupaten tersebut.

Mereka antara lain, Taufik Lasenggo, Yusuf Eddison, Hafid Laturaja, Iman Rahmat yang telah mengikuti proses tahapan administrasi dan wawancara.

"DPD Nasdem Sigi telah menggelar pleno dan telah memasukkan nama-nama bakal calon kepala daerah ke tingkat DPW NasDem Sulteng di Palu. Selanjutnya, menunggu pleno tingkat DPW," sebut Theo sapaan akrab Masykur.

Ia menambahkan, saat ini tim survei juga tengah melakukan survei terhadap bakal calon yang telah namanya dibahas dalam pleno tingkat DPD NasDem Sigi. Survei itu meliputi elektabilitas dan popularitas sebelum pleno tingkat DPW.

Baca juga: 56 bacabup-bacawali di Sulteng sampaikan visi-misi di Partai NasDem
 
Ketua DPD NasDem Kabupaten Sigi, Mohammad Masykur (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar