Polsek Palu Barat ringkus tujuh pencuri kurun November-Desember

id Polisi, ringkus, pencuri

Polsek Palu Barat ringkus tujuh pencuri kurun November-Desember

Terduga pelaku SA (41) yang dihadiah timah panas bersama sejumlah tersangka kasus lain, saat pemaparan hasil Operasi Pekat Tinombala 2019, di Mapolres Palu, Senin (2/12).(ANTARA/Sulapto Sali)

Saat ditangkap Rabu (27/11), terduga hendak melawan dan berusaha melarikan diri sehingga petugas terpaksa ambil tindakan tegas dan terukur
Palu (ANTARA) - Polsek Palu Barat, Polres Palu, Sulawesi Tengah, meringkus tujuh orang diduga sebagai pelaku pencurian selama bulan November-Desember 2019 di wilayah setempat.

"Ketujuh pencuri itu ditangkap di tempat yang berbeda, bukan satu kali penangkapan," kata Kapolres Palu AKBP H. Moch Sholeh, S.IK, MH, melalui Kanit Reskrim Polsek Palu Barat, Ipda Rislan, di Palu, Kamis.

Dari tujuh terduga yang ditangkap, dua diantaranya inisial AG alias G dan SA, merupakan residivis yang terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas oleh polisi karena melawan saat ditangkap.

"Terduga AG alias G yang dilumpuhkan merupakan tahanan kejaksaan yang melarikan diri ditahun 2017 lalu, dengan mencongkel jendela mobil tahanan saat kembali dari pengadilan," jelasnya.

Selama pelarian, terduga berulang-ulang mencuri di wilayah Kota Palu, khususnya wilayah Palu Barat.

"Dari informasi yang didapatkan, pelaku ini sudah menjalankan aksinya di 30 tempat kejadian perkara di Kota Palu," katanya.

Baca juga: Polsek Palu Barat tembak residivis pencurian

Pelaku ditangkap pada Senin (2/12) sekitar pukul 19.00 Wita, berawal dari informasi terhadap keberadaan pelaku di Jalan Jamur Kota Palu. 

Dari tangan pelaku polisi menyita sejumlah barang bukti, yakni satu unit sepeda, satu buah kamera dan satu unit televisi. 

Hasil dari penjualan barang curian tersebut digunakan pelaku membeli narkotika jenis sabu.

Kemudian kata Rislan, inisial SA (41) terduga residivis pelaku pencurian yang kembali beraksi di wilayah Kota Palu. 

Ia ditembak di bagian kaki karena berusaha melarikan diri dan melawan polisi. 

"Saat ditangkap Rabu (27/11), terduga hendak melawan dan berusaha melarikan diri sehingga petugas terpaksa ambil tindakan tegas dan terukur," jelasnya.

Penangkapan SA ini dari hasil pengembangan tersangka lainnya inisial MR (39). 

MR adalah terduga pencurian elektronik yang sering beroperasi di kawasan Bumi Bahari seperti Jalan Lasoso, Diponegoro, dan Jalan Kelapa Gading.

Terduga MR sendiri sering melakukan jual beli barang elektronik berupa HP dan laptop dengan harga miring tanpa dilengkapi dus dan kwitansi toko.

Barang bukti yang diamankan satu HP merek Oppo A7, satu unit HP A1K, satu unit HP Samsung J2 Prime, satu unit HP Samsung J2 Pro, satu unit Hp Oppo A3, satu unit HP Colpad, satu unit Laptop Thosiba dan satu unit Laptop Acer.

"Kasus ini sementara diproses, dan terduga serta barang bukti diamankan di Mapolsek Palu Barat," katanya.***
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar