KPU Poso luncurkan tahapan pilkada

id Pilkada Poso,KPU Poso

KPU Poso luncurkan tahapan pilkada

Pelepasan balon ke udara tanda dimulainya tahapan ilkada serentak 2020 di Poso. (Fery Timparosa)

Lounching itu hanya simbolis saja, sesungguhnya tahapan pilkada itu sudah berlangsung sejak Oktober 2019
Poso (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso menggelar meluncurkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 ditandai dengan pelepasan balon yang menandakan tahapan pilkada dimulai. 

Kegiatan itu dirangkai dengan jalan sehat dipusatkan di Lapangan Sintuwu Maroso, Jumat (13/12).

"Lounching itu hanya simbolis saja, sesungguhnya tahapan pilkada itu sudah berlangsung sejak Oktober 2019," kata Ketua KPU Poso, Budiman Maliki, di Poso, Sabtu. 

Dia mengatakan dalam kegiatan itu, ada beberapa rangkaian agenda yang digelar, seperti peluncuran maskot Pilkada Poso yang menggunakan gambar ikan sidat yang dinamakan Sang Sintuwu Maroso (Sang Sinmar), dan peluncuran jingle Pilkada Poso. 

Baca juga: Pemkab alokasikan Rp4 miliar pengamanan Pilkada Poso
Baca juga: KPU Poso mulai sosialisasi cabup perseorang pilkada 2020


Menurutnya peluncuran pilkada itu untuk mensosialisai sekaligus informasi untuk masyarakat Poso, pilkada 2020 segera dilaksanakan. Dia berharap dengan peluncuran itu, agar seluruh masyarakat dan semua pihak dapat mengawal kegiatan pilkada sejak dimulai hingga proses berjalan lancar dan terlaksana dengan baik.

"Marilah masyarakat kita sama-sama mengawal dan mengawasi proses Pikada Poso ini, agar dapat berjalan baik dan sukses untuk Poso ke depan," katanya. 

Komisioner KPU Sulteng, Sam Gafur berharap agar proses tahapan pilkada, peserta calon dan timnya, tidak menggunakan informasi berita bohong dalam tahapan kampanye nanti, hal itu akan merusak sendi demokrasi itu sendiri.

"Agar terciptanya pilkada yang bermartabat dan berintegritas, kami mengharapkan agar dalam pilkada jauhkan dari hal-hal bersifat hoax,” kata Sam Gafur. 

Kata mantan komisioner KPU Poso itu, sangat yakin dengan hasil partisipasi Pemilu lalu di Kabupaten Poso berada pada rangking dua se-Sulteng dengan partisipasi pemilih sekitar lebih dari 80 persen.

”Makanya, kami yakin pilkada di Poso mendatang akan berjalan sukses dan jauh dari kampanye beraroma hoax agar tercipta pilkada yang mandiri,” ungkapnya.

Sementara untuk proses puncak Pilkada Poso akan di gelar 23 September 2020.***
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar