Pertamina salurkan bantuan logistik korban banjir Sigi

id Banjir kulawi, pertamina, sigi

Pertamina salurkan bantuan logistik korban banjir Sigi

Relawan Pertamina peduli bencana menyalurkan logistik untuk korban banjir bandang Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu (15/12/2019). (ANTARA/HO/Humas Pertamina)

Bantuan ini berupa sembako dan susu untuk bayi, termasuk delapan tabung elpiji ukuran 5,5 kilogram untuk keperluan dapur umum. Bantuan diserahkan langsung ke posko induk di Desa Bolapapu yang diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) K
Palu (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) menyalurkan bantuan logistik untuk mengurangi penderitaan korban banjir bandang di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu.

"Bantuan ini berupa sembako dan susu untuk bayi, termasuk delapan tabung elpiji ukuran 5,5 kilogram untuk keperluan dapur umum. Bantuan diserahkan langsung ke posko induk di Desa Bolapapu yang diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi," kata Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII Hati Ilwan di Sigi, Minggu.

Dia menjelaskan bantuan berupa kebutuhan dasar menjadi hal prioritas saat ini, sebab masyarakat tentunya membutuhkan pasokan logistik agar bisa bertahan hidup pada situasi tanggap darurat.

Pertamina juga membuka operasi pasar elpiji bersubsidi ukuran tiga kilogram di desa tersebut bekerja sama dengan Polsek Kulawi pada Sabtu (14/12) berjumlah 560 tabung.

Di wilayah itu terdapat sejumlah lembaga penyalur BBM dan elpiji Pertamina, di antaranya satu Agen Premium dan Minyak Solar (APMS) Pertamina (76.943.06) serta 12 pangkalan resmi elpiji tiga kilogram di Kecamatan Kulawi dan Kecamatan Kulawi Selatan, di mana dua diantaranya di Desa Bolapapu.

Dia menyebut beberapa lembaga penyalur tersebut sempat terdampak banjir bandang yang mengakibatkan putusnya akses jalan. Namun, permasalahan tersebut telah berhasil teratasi dan jalur distribusi sudah kembali normal.

“Jalur distribusi baik untuk APMS dan pangkalan elpiji telah berangsur pulih seiring akses jalan yang mulai terbuka,” ucap dia.

Banjir bandang disertai lumpur, kayu, dan batu di Desa Bolapapu terjadi pada Kamis (12/12) petang, mengakibatkan sekitar 57 rumah rusak terdiri atas tujuh rusak berat dan 50 rusak ringan, serta dua korban jiwa yang merupakan ayah dan anak.

Pascabanjir bandang, aliran bantuan terus berdatangan dari sejumlah pihak, baik berupa makanan siap saji maupun pakaian yang dinilai dibutuhkan para korban saat ini, termasuk relawan dan lembaga swadaya masyarakat yang ikut membantu pemulihan keadaan di lokasi bencana.


Baca juga: PLN salurkan Rp75 juta bantu korban banjir Kabupaten Sigi
Baca juga: Pemkab Sigi diminta beri perhatian khusus daerah rawan bencana
Baca juga: Banjir bandang Sigi, "mungkin Tuhan mulai bosan?"
Baca juga: DPRD Sulteng menilai perlu pelestarian DAS di Sigi cegah banjir

 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar