Kodim 1306/Donggala salurkan bantuan bagi warga korban banjir di Sigi

id Dandim, bantu, warga

Kodim 1306/Donggala salurkan bantuan bagi warga korban banjir di Sigi

Dandim 1306/Donggala Kolonel Inf Widya Prasetyo, saat menyerah bantuan kepada warga korban banjir lumpur di Desa Poi, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulewsi Tengah, Rabu (18/12).(ANTARA/Sulapto Sali).

Sigi (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Dandim) 1306/Donggala salurkan bantuan kepada warga korban banjir lumpur di Desa Poi, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulewsi Tengah, Rabu.

Dandim 1306/Donggala Kolonel Inf. Widya Prasetyo, di Sigi, mengatakan bantuan yang diberikan berupa barang seperti kasur  tempat tidur, peralatan memasak, kompor, air minum, beras, atau sembako.

Juga katanya, disiapkan makan bersama bagi para korban bencana di posko penampungan penanganan bencana banjir bandang Desa Poi, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi.

"Untuk anak-anak peralatan sekolah, dan untuk perempuan  khusus untuk kebutuhan perempuan," katanya.

Kolonel pertama yang menjabat sebagai Dandim 1306/Donggala ini, mengatakan bantuan tersebut diharapkan bisa membantu meringankan beban warga korban bencana banjir yang melandan wilayah tersebut.

"Niat kami hanya membantu meringankan beban warga yang menjadi korban bencana beberapa hari lalu," kataya.

Ia mengatakan sebelumnya di Kulawi saat membantu warga korban banjir, dititipkan  bantuan makanan daging rendang dari Padang, yang diberikan melalui Kepala BNPB dan hari ini dibagikan dan dinikmati bersama.

Deni (49) Ketua RT 06/RW 03, Desa Poi, mengatakan warga sejak (10/12) Minggu, sudah berada di Posko pengungsiang yang disiapkan tersebut.

"Saya atas nama masyarakat menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Banyak bantuan yang sudah kami terima baik dari ACT anak motor, sekolah dan hari ini dari Kodim 1306/Donggala.

Banjir bandang lumpur yang melanda wilayah tersebut, terjadi Minggu (8/12) lalu, menyebabkan puluhan rumah warga terendam  banjir lumpur.

"Akibat banjir tersebut, satu rumah di Dusun satu rusak, di Dusun dua satu, Dusun tiga empat rumah empat tenda digenangi lumpur dan tidak bisa ditempati," katanya.

Bahkan, di titik terparah, tinggi air bercampur lumpur mencapai paha orang dewasa. 

Hingga kini, 27 Kepala Keluarga, 71 jiwa, tujuh lansia, tiga balita, satu bayi, dua ibu hamil, satu tuna netra, dan beberapa anak masih mengungsi dan membutuhkan bantuan.***
 
Ketua Persit Istiyana Widya Prastyo, KCk Cabang XX Kodim 1306/Donggala, bersama Dandim 1306/Donggala Kolonel Inf Widya Prasetyo, saat menyerah bantuan kepada warga korban banjir lumpur di Desa Poi, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulewsi Tengah, Rabu (18/12).(ANTARA/Sulapto Sali).