RI lawan gugatan UE soal nikel sampai kajian benih lobster kemarin

id penyelundupan,kendaraan mewah,bijih nikel,gugatan uni eropa

RI lawan gugatan UE soal nikel sampai kajian benih lobster kemarin

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (ketiga kanan) didampingi Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin (ketiga kiri), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kanan), Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kiri) dan Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi (kanan) meninjau mobil dan motor mewah selundupan di Terminal Peti Kemas Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (17/12/2019). Sepanjang tahun 2016 hingga 2019 sebanyak 19 unit mobil mewah dan 35 unit motor (rangka dan mesin motor) mewah berbagai merek telah diamankan oleh Bea Cukai Tanjung Priok dengan perkiraan total nilai barang mencapai kurang lebih Rp21 miliar dan potensi kerugian negara mencapai kurang lebih Rp48 miliar. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan kembali bahwa Indonesia akan melawan gugatan dari Uni Eropa atas larangan ekspor bijih nikel dan Kementerian Kelautan dan Perikanan meminta semua pihak bersabar menunggu hasil kajian terkait pengembangan benih lobster menjadi beberapa pemberitaan kemarin yang laik dibaca hari ini.

Simak selengkapnya:

1. Sri Mulyani sebut penyelundupan kendaraan mewah meningkat

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa kasus penyelundupan kendaraan mewah di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup tajam sejak 2018 hingga 2019.

Sri Mulyani mengatakan pada 2018 terdapat lima kasus penyelundupan mobil dan delapan kasus penyelundupan sepeda motor, sedangkan pada 2019 ditemukan 57 kasus penyelundupan mobil dan 10 kasus penyelundupan sepeda motor.

Selengkapnya: klik di sini

2. Menko Kemaritiman tegaskan RI akan lawan gugatan Uni Eropa soal nikel

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan kembali bahwa Indonesia akan melawan gugatan dari Uni Eropa atas larangan ekspor bijih nikel.

Luhut Pandjaitan mengatakan larang itu diberlakukan karena Indonesia akan memproduksi bijih nikel sampai turunannya, seperti baterai litium.

Ia menyebut produksi turunan bijih nikel tidak hanya menghasilkan nilai tambah sampai jutaan dolar, namun juga menyerap tenaga kerja lokal.

Selengkapnya: klik di sini

3. BUMN China investasi Rp120 triliun di Kawasan Ekonomi Khusus Palu

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) China, China First Heavy Industries (CFHI) Co Ltd berinvestasi sebesar Rp120 triliun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu, Sulawesi Tengah, yang dilakukan secara bertahap mulai 2020.

"Tahap pertama akan dikucurkan senilai 3 miliar dolar AS atau sekitar Rp40 triliun pada bulan Januari 2020," kata Chairman CFHI Liu Mingzhong di sela-sela penandatanganan Letter of Inten (LoI) di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah di Kota Palu, Selasa.

Selengkapnya: klik di sini

4. Gojek klaim berkontribusi Rp55 triliun bagi perekonomian Indonesia

Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita menyatakan bahwa perusahaan aplikasi transportasi melalui jasa ojek dalam jaringan (daring) atau online tersebut berkontribusi sebesar Rp55 triliun bagi perekonomian Indonesia pada 2018.

"Berdasarkan data dari survei Universitas Indonesia (UI), Gojek berkontribusi kira-kira sekitar Rp55 triliun kepada perekonomian Indonesia di tahun 2018," kata Nila saat berbicara pada acara Konvensi Nasional Humas (KNH) 2019 di Yogyakarta, Selasa.

Selengkapnya: klik di sini

5. KKP minta semua pihak bersabar tunggu kajian benih lobster

Kementerian Kelautan dan Perikanan meminta semua pihak bersabar menunggu hasil kajian terkait pengembangan benih lobster.

Saat ini, belum ada regulasi terbaru yang resmi dikeluarkan terkait hal yang menimbulkan pro dan kontra akhir-akhir ini tersebut.

Selengkapnya: klik di sini