Astronot Rusia Suka Nyanyi Lagu 'Rayuan Pulau Kelapa"

id ASTRONOT RUSIA, DUBES

Astronot Rusia Suka Nyanyi Lagu 'Rayuan Pulau Kelapa"

Dubes RI untuk Rusia Djauhari Oratmangun (Istimewa)

"...begitu ketemu saya, dia langsung menyanyikan Rayuan Pulau Kelapa versi Bahasa Rusia," kata Djauhari."
Jakarta (antarasulteng.com) - Duta Besar Indonesia untuk Rusia Djauhari Oratmangun mengatakan bahwa seorang astronot kebanggaan Rusia, Georgy M. Grechko, ternyata gemar menyanyikan lagu Indonesia yang berjudul "Rayuan Pulau Kelapa".

"Georgy M. Grechko, salah satu astronot besar Rusia yang masih hidup dan menjadi kebanggaan negeri Beruang Merah itu ternyata suka menyanyikan lagu "Rayuan Pulau Kelapa". Begitu ketemu saya, dia langsung menyanyikan Rayuan Pulau Kelapa versi Bahasa Rusia," kata  Djauhari dalam pesan elektronik dari Moskow, Rabu.

Georgy M. Grechko adalah astronot atau kosmonot Rusia yang bekerja pada stasiun ruang angkasa Solyut.

Dia memakai pakaian ruang angkasanya pada 20 Desember 1977 dengan misi Solyut 6 EO-1.

Menurut Djauhari, banyak warga senior Rusia yang sekarang berusia di atas 70 tahun, seperti astronout Grechko, pandai menyanyikan lagu nasional yang terkenal di Indonesia itu.

"Saat hubungan antara Indonesia dan Uni Soviet masih "mesra" pada tahun 50an dan awal 60an, orang-orang Soviet menyanyikan lagu tersebut dalam bahasa Rusia," katanya.

Selanjutnya, Dubes menyampaikan bahwa pada acara di Wisma Indonesia di Moskow pekan lalu, sejumlah orang Rusia sempat menyanyikan lagu tersebut baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Rusia.

"Itu karena lagu Rayuan Pulau Kelapa memang sangat poluler di Rusia waktu hubungan RI dan Uni Soviet masih sangat akrab," kata Dubes Djauhari.

Dalam waktu dekat Dubes Indonesia untuk Rusia itu akan mengadakan jamuan makan malam dengan Grecko dan Asosiasi Astronot Rusia.

"Para astronot itu warga negara yang sangat dihargai di Rusia," katanya. (Y012)