Pemkot ingatkan warga Palu cegah penularan HIV/AIDS

id Palu,Kota Palu,Sulteng,Sandu,Sandi,Pasigala

Pemkot ingatkan warga Palu cegah penularan HIV/AIDS

Kepala Dinas pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Palu, Irmayanti Pettalolo (kiri), Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palu, Rifani dan pejabat dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Palu berdoa bersama pada peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2019 yang diselenggarakan Pemkot Palu di Lapangan Vatulemo, Sabtu (21/12). (ANTARA/Imron Nur Huda)

Palu (ANTARA) - Wali Kota Palu, Hidayat mengimbau dan mengajak seluruh pihak dan lapisan masyarakat agar bersatu mencegah penularan virus dan penyakit HIV/AIDS demi menjaga kesehatan dan masa depan generasi muda ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu.

"Semoga peringatan HAS 2019 di Kota Palu dapat menyadarkan masyarakat dan memberikan pengetahuan tentang bahaya HIV/AIDS sehingga upaya pencegahan dan penanggulangannya dapat dilakukan secara optimal," katanya, Sabtu.

Sehingga, lanjutnya, Kota Palu menjadi daerah bebas HIV/AIDS. Meski begitu, ia meminta semua pihak agar tidak mendiskriminasi orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang tinggal hidup di Palu.

"Selain itu menjalankan perilaku hidup aman dan sehat agar tidak tertular HIV. Juga memastikan ODHA memiliki kemudahan dan akses dalam perawatan dan pengobatan dirinya dengan menyediakan layanan kesehatan yang mereka butuhkan," ujarnya yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palu, Rifani.

Pada peringatan HAS tahun 2019, pemerintah mengangkat tema nasional yaitu "Bersama Masyarakat Meraih Sukses" untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat terlibat aktif mencapai tiga zero pada tahun 2030.

Zero yang dimaksud antara lain Zero New Infection atau tidak ada infeksi baru HIV, Zero AIDS Related Death atau tidak ada lagi kematian yang disebabkan oleh HIV/AIDS dan Zero Discrimination atau tidak ada lagi diskriminasi terhadap ODHA.