Umat Islam di Palu gelar shalat gerhana

id Pasigala ,GMC,Palu,Sulteng

Umat Islam di Palu gelar shalat gerhana

Umat Islam menunaikan shalat gerhana matahari di Masjid Al-Bayan di Kelurahan Tanamodi, Kecamatan Mantikulore Kota Palu, Kamis (26/12/2019) ANTARA/Muhammad Arsyandi

"Sebelumnya saya tunaikan shalat gerhana matahari saat gerhana total tahun 2016. Selama saya sempat, tiap gerhana matahari terjadi pasti saya shalat
Palu (ANTARA) - Umat Islam di Kota Palu, Sulawesi Tengah, menunaikan shalat gerhana matahari cincin (GMC) di sejumlah masjid di daerah itu, Kamis siang.

"Saya lebih memilih menunaikan shalat gerhana matahari terlebih dulu, kemudian melihat fenomena gerhana matahari cincin," kata salah satu jamaah Masjid Al-Bayan Kelurahan Tanamodindi Kecamatan Mantikulore, Muhammad usai menunaikan salat gerhana matahari berjamaah dengan warga di sana.

Ia menyebut menunaikan shalat tersebut sebagai ungkapan rasa syukur dan takjub atas keagungan Allah SWT.

"Dalam ajaran agama Islam memang dianjurkan menunaikan shalat saat terjadi gerhana matahari atau gerhana bulan," ujarnya.

Baca juga: Warga padati planetarium Jakarta untuk mengamati gerhana matahari

Senada dengan Muhammad, jamaah salat gerhana matahari di Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Nunu Kecamatan Tatanga, Dina Sudartik mengaku rutin menunaikan shalat gerhana matahari.

"Sebelumnya saya tunaikan shalat gerhana matahari saat gerhana total tahun 2016. Selama saya sempat, tiap gerhana matahari terjadi pasti saya shalat," ucapnya.

Menurutnya, sebagai umat Islam, menunaikan shalat sunnah saat fenomena gerhana matahari terjadi penting dan perlu dikerjakan. Apalagi waktu shalat sunnah tersebut tidak lama.

Sebab fenomena itu merupakan bentuk kekuasaan Allah SWT sebagai pencipta alam semesta dan yang menggerakkan segala isinya.

"Selesai shalat gerhana baru lihat gerhana matahari. Kan waktu shalatnya tidak sampai membuat kita ketinggalan menyaksikan puncak gerhana matahari cincin tersebut," katanya.

Baca juga: BMKG: Gerhana matahari cincin dapat disaksikan di Sulteng

Sejumlah lokasi di Kota Palu menjadi tempat ideal warga menyaksikan fenomena GMC yang puncaknya terjadi sekitar pukul 14.17, salah satunya di halaman Kantor Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofiiska (BMKG) Stasiun Geofiiska Kelas 1 Palu di Kelurahan Balaroa Kecamatan Palu Barat.

Banyak yang menikmati peristiwa tersebut dengan melihat menggunakan kecamatan gerhana matahari di sejumlah titik.