TNLL benahi lokasi obyek wisata sambut pergantian tahun

id tambing

TNLL benahi lokasi obyek wisata sambut pergantian tahun

Dok- Obyek wisata Telaga Tambing yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. ANTARA/Anas Masa

Kami sudah membenahi beberapa titik, terutama yang ada di dalam kawasan ekowisata alam itu agar para pengunjung bisa lebih aman dan nyaman untuk melakukan kegiatan menjelang malam tahun baru
Palu (ANTARA) - Pengelola Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) membenahi lokasi obyek wisata Danau Tambing yang terletak di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah guna menyambut kunjungan wisatawan yang akan menghabiskan waktu mereka pada malam pergantian tahun dari 2019 ke 2020.

"Kami sudah membenahi beberapa titik, terutama yang ada di dalam kawasan ekowisata alam itu agar para pengunjung bisa lebih aman dan nyaman untuk melakukan kegiatan menjelang malam tahun baru," kata Kepala Balai Besar TNLL, Jusman di Palu, Kamis.

Ia mengatakan seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya, obyek wisata yang terletak di atas ketinggian 1.700 meter dari permukaan laut tersebut selalu menjadi sasaran para wisatawan dari dalam maupun luar negeri untuk menikmati suasana malam tahun baru.

Kebanyakan wisatawan menginap beberapa hari sambil menikmati panorama dan keindahan alam serta dinginnya udara pada malam dan pagi hari.

Sejumlah sarana yang dibenahi seperti tempat untuk camping, mck dan juga tentu listriknya sehingga pada malam hari wisatawan bisa merasa lebih nyaman dan aman.

Jusman mengatakan dalam beberapa tahun terakhir ini, obyek wisata danau tambing semakin disukai para wisatawan, karena di areal itu terdapat pula berbagai obyek paling menarik bagi wisatawan mancanegara yakni penngaman burung.

Kawasan yang dikelilingi hutan yang masih perawan tersebut selama ini menjadi "surga" bagi ratusan jenis burung, termasuk didalamnya sekitar 30 persen merupakan satwa endemik.

Bahkan, kawasan obyek wisata yang berjarak sekitar 90-an dari Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng itu juga sebagai pusat pendidikan konservasi karena kaya akan berbagai jenis pohon dan tumbuhan endemik, termasuk kantong semar, anggrek dan kayu leda yang merupakan kayu khas di Sulteng.

Juga terdampak berbagai jenis tumbuhan pandan hutan yang juga endemik.

Selama ini, lanjut Jusman, lokasi tersebut selalu menjadi sasaran penelitian bagi mahasiswa dari Fakultas Kehutanan Univensitas Tadulako (Untad) Palu di Provinsi Sulteng.

Obyek wisata danau tambing juga masuk dalam kawasan cagar biosfer dunia yang ditetapkan Unesco pada 1977.

Luas areal TNLL secara keseluruhan mencap[aiu 217.000 hektare tersebar di dua wilayah adminstrasi yakni Kabupaten Sigi dan Kabupaten Poso.

Baca juga: Danau Tambing, lokasi birding & camping menarik di Taman Nasional Lore Lindu
Baca juga: Minat pendaki Gunung Nokilakaki terus membaik
Baca juga: Pengelola TNLL tetap libatkan masyarakat sekitar kawasan
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar