Suharso Monoarfa yakin "master plan" untuk ibu kota baru antisipasi banjir

id Ibu kota baru, menteri perencanaan dan pembangunan nasional, suharso monoarfa, Presiden jokowi, joko widodo, rapat benca

Suharso Monoarfa yakin "master plan" untuk ibu kota baru antisipasi banjir

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa ditemui di halaman Istana Negara, Jakarta pada Jumat (3/1/2020). (Bayu Prasetyo)

Jadi dicari titik nol-nya itu, itu maksudnya master plan itu. Jadi ada yang namanya hidrotopografi, genangan air selama 5 tahun, 10 tahun,100 tahun itu kaya gimana arahnya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa menilai status bebas banjir di lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur tergantung dari penetapan titik nol saat perancangan master plan ibu kota baru.

"Jadi dicari titik nol-nya itu, itu maksudnya master plan itu. Jadi ada yang namanya hidrotopografi, genangan air selama 5 tahun, 10 tahun,100 tahun itu kaya gimana arahnya," kata Suharso menanggapi media ditemui di halaman Istana Negara, Jakarta pada Jumat.

Suharso yang juga menjabat sebagai Kepala Bappenas itu menemui Presiden Joko Widodo bersama dengan sejumlah pemenang sayembara rancangan Ibu Kota Negara dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga.

Dia menambahkan untuk desain urban ibu kota negara pun dirancang memiliki tata kelola pengairan yang baik.

Dia menambahkan nantinya tata kelola pengairan untuk mengantisipasi banjir akan memanfaatkan teknologi.

Selain itu, Suharso menjelaskan para pemenang lomba desain memaparkan progres perkembangan rancangan ibu kota negara kepada Presiden.

"Pasti tahapan-tahapannya harus disiplin, yang bisa dipertanggungjawabkan secara akademis dan keputusan-keputusan strategisnya juga tentu juga bisa dipertanggungjawabkan," ujar Suharso.

Menurut dia, tahapan pembentukan pra-master plan ibu kota negara sudah selesai sejalan dengan sayembara desain kawasan kota.

Lalu tahap selanjutnya yakni membentuk master plan ibu kota negara yang ditargetkan memakan waktu 4-6 bulan oleh konsultan yang bertanggungjawab kepada Bappenas.

Baca juga: Menteri PUPR pastikan lokasi ibu kota baru minim bencana
Baca juga: Keseriusan Joko Widodo bangun ibu kota baru
Baca juga: LRT wajah baru transportasi ibu kota Jakarta