Polda Sulteng tanam puluhan ribu bibit pohon

id Polda, tanam,Pohon

Polda Sulteng tanam puluhan ribu bibit pohon

Kapolda Sulteng Irjen Pol Syafril Nursal (kanan) dan seorang anak kecil menyiram bibit pohon yang ditanam Kapolda, di Mapolda Sulteng, di Palu, Jumat (10/1/2020).ANTARA/HO-Humas Polda.

Pohon ini tidak cukup hanya ditanam saja, namun juga harus dipelihara dan dijaga sampai hidup dan kita sudah mendapat dukungan
Palu (ANTARA) - Polda Sulawesi Tengah menanam puluhan ribu bibit pohon di wilayah setempat sebagai bentuk kepedulian lingkungan sekaligus mendukung program penghijauan Kapolri.

"Untuk pertama kali kita tanam dulu di Polda ini. Hari ini kita tanam sekitar 30 ribu bibit pohon, sesuai dengan kondisi tanah kita," kata Kapolda Sulteng Irjen Pol Syafril Nursal, di sela-sela penanaman pohon di Mapolda Sulteng, di Palu, Jumat.

Kapolda mengatakan wilayah Sulteng sendiri ketahui beberapa daerahnya masih banyak lahan-lahannya gersang tanpa ditumbuhi pohon. 

"Kebetulan bapak Kapolri mencanangkan peduli penghijauan lingkungan. Jadi kegiatan kita hari ini sekaligus memicu di wilayah kita ini untuk menanam pohon kembali bersama-sama," katanya.

Baca juga: Polda Sulteng akan tindak tegas pelaku tambang ilegal
Baca juga: Sepanjang tahun 2019 Polda Sulteng amankan 598 pelaku narkoba


Kata Kapolda, tujuan penanaman ribuan bibit pohon itu untuk menjaga lingkungan dan terhindar dari bencana alam seperti banjir atau longsor.

Dia mengatakan penanaman pohon kali ini dilakukan hanya di lokasi-lokasi Mako Polri, asrama, tanah lahan milik Polri yang masih gersang serta lokasi-lokasi lainnya yang perlu dilakukan penghijauan.

Kapolda mengatakan penamanan pohon juga sekaligus menata kembali lingkungan yang rusak, baik akibat hujan atau longsor.

"Pohon ini tidak cukup hanya ditanam saja, namun juga harus dipelihara dan dijaga sampai hidup dan kita sudah mendapat dukungan," ujarnya.

Kapolda mengatakan dalam penanaman pohon ini selain pemerintah terkait, juga dilibatkan anak-anak pelajar dan mahasiswa agar sejak dini ada kepedulian terhadap lingkungan.

"Mengedukasi mereka dari dini, bahwa penghijauan itu sangat penting bagi masa depan negeri ini dan supaya mereka cinta lingkungan. Apalagi daerah kota ini indah," ujarnya.

Ribuan bibit pohon yang ditanam tersebut yaitu bibit pohon mahoni, trembesi, eboni, glodongan, nangka, sirsak dan beberapa bibit pohon lainnya.***
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar