Menpora katakan Presiden Jokowi senang PSSI rekrut Shin Tae-Yong

id shin taeyong,presiden joko widodo,pssi,timnas u19,piala dunia u20,zainudin amali

Menpora katakan Presiden Jokowi senang PSSI rekrut Shin Tae-Yong

Para pemain seleksi tim nasional U-19 Indonesia berfoto bersama dengan manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong dan jajaran petinggi PSSI usai menjalani seleksi hari pertama di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). (Michael Siahaan)

Cikarang Timur (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, Presiden Joko Widodo senang dengan keputusan PSSI merekrut Shin Tae-Yong sebagai pelatih tim nasional Indonesia.

"Beliau senang karena Shin Tae-Yong berasal dari Korea Selatan. Jadi masih dekat dengan budaya Asia yang memudahkannya beradaptasi dengan Indonesia," ujar Zainudin di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Senin.

Menurut Zainudin, Presiden selalu mengikuti perkembangan tim nasional, khususnya timnas U-19 yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021.

Presiden Joko Widodo mendapatkan informasi tersebut langsung dari Menpora.

"Secara teratur saya selalu mengirimkan laporan kepada Presiden termasuk soal seleksi pemain timnas U-19 yang berlangsung mulai hari ini," kata Zainudin.

Keputusan yang tepat

Terkait Shin Tae-Yong, Menpora pun memiliki kesan pertama yang baik. Zainudin Amali mengapresiasi keputusan PSSI untuk mendapatkan tanda tangan Shin.

Sebagai seseorang yang mengerti soal sepak bola, Zainudin melihat Shin mempunyai kemampuan yang baik dalam memilih dan memantau talenta pemain serta memberikan latihan yang sesuai.

"Keputusan PSSI untuk mendatangkan Shin Tae-Yong tepat," tutur dia.

Shin Tae-Yong, juru taktik timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018, disahkan PSSI menjadi pelatih timnas Indonesia dan timnas U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021 pada akhir tahun 2019.

Dalam prosesnya, pria berusia 50 tahun itu mengisi posisi manajer pelatih timnas Indonesia yang bertugas mengawasi timnas U-16, U-19 dan U-23.

Seleksi pemain

PSSI menyeleksi pemain untuk timnas U-19 mulai Senin (13/1) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat. Dari 59 pemain yang dipanggil, ada 51 nama yang mengikuti seleksi hari pertama yang berlangsung pukul 16.00 WIB-17.30 WIB.

Dua pemain akan menyusul ke Wibawa Mukti yaitu Jack Brown, yang berangkat dari Inggris, dan Braif Fatari.

Sementara enam pemain lain yakni Risky Muhammad, Brylian Aldama, David Maulana, Muhammad Fajar Fatur, Amiruddin Bagus dan Andre Oktaviansyah masih berada di Italia bersama tim Garuda Select. Mereka akan diseleksi langsung di Negeri Pizza.

Seleksi diawasi langsung oleh manajer pelatih Shin Tae-Yong bersama pelatih timnas U-19 Gong Oh-Kyun serta asistennya Nova Arianto. Asisten pelatih tim nasional senior Indra Sjafri juga turut menyaksikan seleksi tersebut.

Pada tahun 2020, timnas U-19 Indonesia akan mengikuti Piala AFF U-19, yang berlangsung di Indonesia tetapi waktu belum ditentukan, dan Piala Asia U-19 2020 yang digelar pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan.