Pertemuan para Menlu ASEAN berlangsung di Nha Trang, Vietnam

id ASEAN,Malaysia,Saifuddin Abdullah,AMM Retreat

Pertemuan para Menlu ASEAN berlangsung di Nha Trang, Vietnam

Menlu Retno Marsudi saat pertemuan dengan Menlu Saifuddin Abdullah. Foto ANTARA/Agus Setiawan

Kuala Lumpur (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Malaysia Dato' Saifuddin Abdullah akan memimpin delegasi Malaysia ke Vietnam untuk menghadiri pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (AMM Retreat) di Nha Trang, Vietnam pada 15-17 Januari 2020.

Siaran pers Kementerian Luar Negeri Malaysia, Kamis, menyebutkan Saifuddin akan disertai oleh pejabat senior dari Kementerian Luar Negeri.

Vietnam memimpin Kepemimpinan ASEAN tahun ini dengan tema "Kohesif dan Responsif".

Pertemuan AMM Retreat di Nha Trang adalah pertemuan terjadwal pertama untuk negara-negara Anggota ASEAN dipimpin oleh Pham Binh Minh, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Vietnam, dengan partisipasi Menteri Luar Negeri ASEAN, Sekretaris Jenderal ASEAN serta pejabat senior dari semua negara anggota ASEAN.

Pertemuan akan didahului oleh Pertemuan Pejabat Senior ASEAN (SOM) pada 16 Januari 2020.

Di antara isu-isu yang akan dibahas oleh para Menteri Luar Negeri adalah pembaruan tentang pelaksanaan keputusan yang dicapai selama KTT ASEAN ke-34 dan ke-35 yang diadakan di bawah kepemimpinan Thailand pada tahun 2019, serta inisiatif praktis untuk memajukan agenda dan prioritas utama dari Kepemimpinan ASEAN di Vietnam.

Mereka juga akan bertukar pandangan tentang isu-isu regional dan internasional yang menjadi perhatian bersama serta sarana untuk meningkatkan hubungan ASEAN dengan mitra dialognya.

Negara-negara anggota ASEAN mengarahkan pandangan untuk mencapai Visi Komunitas ASEAN 2025, Malaysia sepenuhnya mendukung dan berkomitmen untuk membuat kemajuan substantif di bawah kepemimpinan ASEAN pada 2020.