Festival Perahu Naga Hadir di Bantul

id perahu naga, wisata, bantul

Festival Perahu Naga Hadir di Bantul

(FOTO ANTARA/Puspa Perwitasari)

Bantul (antarasulteng.com) - Festival perahu naga yang akan digelar di Bendung Tegal, Desa Kebon Agung, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 9 Juni mendatang diharapkan bisa mendorong pengembangan pariwisata di daerah itu.
         
"Kegiatan tahunan festival perahu naga ini diyakini bisa membantu mengembangkan sektor pariwisata, apalagi lokasi penyelenggaraan berada di kawasan Desa Wisata Kebon Agung," kata Bupati Bantul Sri Surya Widati, Minggu.
         
Menurut bupati, festival perahu naga tersebut digelar dalam serangkaian perayaan 'Peh Cun' yang merupakan tradisi masyarakat Tionghoa Yogyakarta yang dipusatkan di Pantai Parangtritis pada 12 Juni 2013.
         
Bupati berharap, selain mendorong pengembangan sektor pariwisata, kegiatan tersebut juga diharapkan mampu menjadi daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, baik lokal, nusantara maupun mancanegara.
         
"Ke depan kami ingin penyelenggaraan Festival Perahu Naga semakin baik, dan kami ingin pada suatu saat nanti kegiatan ini digelar untuk tingkat nasional, dengan peserta dari seluruh Indonesia," katanya.
         
Untuk mewujudkan hal itu, bupati menyatakan siap memfasilitasi Festival Perahu Naga di laguna Pantai Samas, Bantul, yang akan datang, setelah infrastruktur dan sarana lainnya dibenahi, mengingat lokasinya harus memadai untuk tingkat nasional.