Bupati Sigi bantu sukseskan Muktamar Alkhairaat XI

id Alkhairaat,MUI,Zainal Abidin

Bupati Sigi bantu sukseskan Muktamar Alkhairaat XI

Ketua Pengarah Kegiatan Muktamar Alkhairaat Ke XI, Prof Dr KH Zainal Abidin MAg menyerahkan proposal panitia muktamar Alkhairaat ke XI, kepada Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, di Kantor Bupati Sigi, Kamis. (Foto : ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Ketua Pengarah kegiatan Muktamar Alkhairaat ke XI, Prof Dr KH Zainal Abidin MAg mengemukakan Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta bersedia membantu untuk menyukseskan muktamar yang digelar pada 21 Maret 2020, di Palu, Sulawesi Tengah.

"Kami telah bertemu dengan Bupati Sigi dan beliau bersedia membantu sukseskan muktamar," ucap Prof Zainal Abidin MAg di Palu, Kamis.

Prof Zainal Abidin bersama panitia pelaksana muktamar Alkhairaat XI dan Pengurus Besar (PB) Alkhairaat bertemu dengan Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta di Sigi, Kamis.

Dalam pertemuan itu, tambah Prof Zainal Abidin pengarah kegiatan bersama panitia menyampaikan beberapa hal meliputi konsep pelaksanaan muktamar, kebutuhan panitia dan tema kegiatan serta rangkaian kegiatan dalam muktamar tersebut.

Dia menyebutkan panitia sepakat mengangkat tema "meneguhkan cita-cita pendiri Alkhairat dan kemandirian organisasi,".

"Tema ini salah satu maksudnya yaitu sebagai bentuk refleksi terhadap peran Alkhairaat dalam pembinaan umat," ujarnya.

Sebelumnya, panitia muktamar juga telah bertemu dengan Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola dan mendapat dukungan penuh dari gubernur untuk kesuksesan pelaksanaan muktamar XI.

Saat bertemu dengan gubernur, kata Prof Zainal panitia juga mengajak gubernur untuk mendampingi panitia bertemu dan mengundang Presiden Jokowi untuk hadir dan membuka muktamar XI di Palu.

Alkhairaat merupakan pusat pendidikan Islam terbesar di Timur Indonesia, yang didirikan oleh Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri atau lebih dikenal dengan sebutan Guru Tua.

Guru Tua merupakan salah satu pembawa ajaran Islam di Sulawesi Tengah (Sulteng), khususnya di Palu yang kemudian ajarannya menyebar ke pelosok desa di Sulteng.

Hingga kini Alkhairaat telah mencetak puluhan ribu alumnus mulai dari tingkat sekolah dasar, menengah pertama, menengah atas dan perguruan tinggi.

Karena itu, sebut Prof Zainal Abidin Muktamar XI menjadi ajang silaturahim antarsesama Abnaulkhairaat yang saat ini tersebar di seluruh daerah di Indonesia, untuk kembali menyusun strategi penguatan dan peningkatan pembinaan umat.
 
Pengarah Kegiatan Muktamar Alkhairaat Ke XI, panitia dan PB Alkhairaat menemui Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, di Kantor Bupati Sigi, Kamis. (ANTARA/Muhammad Hajiji)