Pemkab Sigi harap pasar rakyat percepat pemulihan ekonomi petani

id PETANI SIGI,PASAR RAKYAT TRADISIONAL,PASAR BULUBETE,PEMKAB SIGI

Pemkab Sigi harap pasar rakyat percepat pemulihan ekonomi petani

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Sigi, Adri Singih (mengenakan topi), mendampingi Asisten Bidang Pemerintahan Pemkab Sigi, Andi Ilham saat meninjau langsung pasar rakyat Desa Bulubete, Minggu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Di pasar ini pembeli akan berjumpa langsung dengan petani, atau istilahnya masih tangan pertama dalam transaksi. Dagangan petani berupa hasil panen dipastikan masih segar, seperti sayur-sayuran, buah dan rempah-rempah
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, berharap pasar rakyat tradisional di Desa Bulubete, Dolo Selatan, yang dioperasikan kembali setelah rusak akibat gempa 28 September 2018 dapat menunjang percepatan pemulihan ekonomi petani penyintas di daerah itu.

"Di pasar ini pembeli akan berjumpa langsung dengan petani, atau istilahnya masih tangan pertama dalam transaksi. Dagangan petani berupa hasil panen dipastikan masih segar, seperti sayur-sayuran, buah dan rempah-rempah," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sigi, Adri Singih di Sigi, Minggu.

Pasar rakyat tradisional yang bersifat mingguan itu merupakan pusat transaksi ekonomi khususnya hasil pertanian di Kecamatan Dolo Selatan seperti dari Desa Rogo, Bangga, dan Walatana termasuk Desa Bulubete.

Adri mengatakan Pemkab Sigi melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian akan mengupayakan agar pasar tersebut, tidak hanya berfungsi sepekan sekali melainkan dua kali dalam sepekan.

"Tentu ini upaya untuk lebih menambah semangat petani dalam mengolah lahan pertanian di wilayah Kecamatan Dolo Selatan," katanya.

Baca juga: Petani Sigi kembali olah lahan pertanian hadapi musim hujan

Dia mengimbau masyarakat di desa itu, termasuk kepada pedagang dan pembeli untuk memanfaatkan pasar itu sebaik mungkin, dengan tetap menjaga sarana dan infastruktur yang telah dibangun Pemkab Sigi.

"Jaga kebersihan pasar. Kami tidak ingin pasar tersebut sama dengan pasar lainnya, yang mana ada berbagai macam pungutan biaya. Muda-mudahan di pasar ini tidak ada seperti itu," ujarnya.

Dirinya menyebut pasar di Bulubete tersebut merupakan salah satu pasar mingguan terbesar dari 18 pasar di Sigi.

Karena itu, Pemerintah Sigi tetap akan mengembangkan pasar tersebut seiring dengan program Presiden Joko Widodo yakni 1.000 pasar/tahun.

"Sigi termasuk salah satu daerah di Indonesia dan di Sulteng yang sering mendapat bantuan rehabilitasi dan pembangunan pasar," sebut dia.

Terkait hal itu Kepala Desa Bulubete, Umar mengemukakan beroperasinya pasar rakyat itu sangat menunjang upaya perbaikan taraf ekonomi petani penyintas.

"Ini menjadi salah satu pasar terbesar dan menjadi pasar terbesar di wilayah Dolo Selatan. Pasar ini menunjang perputaran ekonomi warga," sebutnya.
Pasar Rakyat Tradisional Desa Bulubete Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Minggu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
 
Suasana jual beli di Pasar Rakyat Tradisional Desa Bulubete Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Minggu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar