NATO Kuatkan Pertahanan Dunia Maya

id NATO, Internet

NATO Kuatkan Pertahanan Dunia Maya

Sekjen NATO Anders Fogh Rasmussen (REUTERS)

Brussels (antarasulteng.com) - Negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) sepakat akan memperkuat pertahanan dunia maya organisasi itu.

Tahun lalu NATO menangani lebih 2.500 "kasus serius" terkait serangan-serangan dunia maya terhadap sistemnya, kata Ketua NATO Anders Fogh Rasmussen.

Rasmussen mengemukakan hal itu  pada pertemuan untuk mengaji ulang pertahanan dunia maya.  Pertemuan tersebut adalah  yang diadakan pertama kali oleh NATO.

Reuters menyebutkan pertemuan itu menunjukkan betapa isu tersebut telah meningkat menjadi agenda penting keamanan NATO.

"Kita semua terkoneksi erat, maka satu serangan terhadap satu sekutu, jika tidak diatasi dengan cepat dan efektif, dapat mengganggu kita semua ... Dengan bekerja sama kami memperkuat jejaring," kata Rasmussen dalam jumpa pers.

Pentagon menuding China tahun lalu menggunakan mata-mata dunia maya untuk memodernisasi militernya, yang dibantah Beijing.

Harian the Washington Post melaporkan pekan lalu bahwa para peretas China telah mendapat akses atas desain-desain dari lebih 20 sistem senjata utama Amerika Serikat.

Para menteri pertahanan dari 28 sekutu itu setuju bahwa kemampuan pertahanan dunia maya akan beroperasi penuh pada Oktober.