Askrindo- Baznas bantu perahu nelayan Parigi

id Nelayan, bantuan perahu, baznas, askrindo

Askrindo- Baznas bantu perahu nelayan Parigi

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Irfan Syauqi Beik menyerahkan secara simbolis bantuan perahu kepada nelayan. Bantuan perahu sebanyak 11 unit untuk nelayan binaan Baznas di Desa Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, Jumat (24/1/2020). ANTARA/Moh Ridwan

Bantuan perahu sebanyak 11 unit dengan total nilai Rp501.845.825 diserahkan secara simbolis kepada kelompok nelayan penerima manfaat
Parigi (ANTARA) - PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) menggandeng Badan Amil Zakat Nasional menyalurkan bantuan perahu guna meningkatkan pendapatan nelayan di Desa Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Irfan Syauqi Beik saat menyalurkan bantuan, di Parigi, Jumat mengatakan bantuan perahu merupakan bentuk kerjasama Askrindo dengan Baznas dalam upaya meningkatkan taraf hidup nelayan di kabupaten itu.

"Bantuan perahu sebanyak 11 unit dengan total nilai Rp501.845.825 diserahkan secara simbolis kepada kelompok nelayan penerima manfaat," ujar Irfan.

Menurut dia, Askrindo dan Baznas bersepakat memiliki keinginan yang sama untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat pra sejahtera melalui program-program ekonomi dan sosial di daerah terdampak bencana di Sulawesi Tengah.

Dia juga berterima kasih kepada Askrindo yang telah mempercayakan pihaknya menyalurkan program Askrindo peduli sosial kemasyarakatan yang diwujudkan dalam bentuk bantuan sarana pendukung kegiatan nelayan.

"Dengan perahu yang lebih layak untuk mencari ikan, tentunya akan menghasilkan tangkapan yang banyak dan perekonomian para nelayan pun diharapkan bisa meningkat," kata Irfan.

Dia menambahkan, penyaluran bantuan perahu nelayan juga dalam rangka mendukung program pemerintah untuk memajukan sektor maritim nasional, dimana salah satunya ialah meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"Baznas berkomitmen mendorong masyarakat menuju perekonomian yang lebih sejahtera demi mengentaskan kemiskinan," ucapnya.

Direktur kepatuhan dan SDM Askrindo Firman Berahima mengatakan, kehadiran pihaknya dan Baznas merupakan kerja sama yang sudah di bangun dan daerah sasaran adalah Sulawesi Tengah sebagai upaya membantu pemulihan pascabencana.

"Ini bagian dari rangkaian kegiatan kami ikut membantu pemulihan pascabencana dan kami berupaya tetap konsisten membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak," tutur Firman.

Dia berpesan, bagi kelompok nelayan agar memanfaatkan bantuan itu sebagaimana mestinya untuk kepentingan melaut dan diharapkan dapat dikelola dengan baik guna meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Baca juga: Askrindo-Baznas bangun masjid dan huntap untuk penyintas bencana di Sigi

Menurutnya, bantuan perahu hanya sebagai bentuk stimulus agar nelayan semakin giat meningkatkan hasil tangkapan dan pendapatan mereka.