Inggris desak Israel, Palestina beri pertimbangan adil soal usulan Amerika Serikat

id Inggris,Israel,Palestina

Inggris desak Israel, Palestina beri pertimbangan adil soal usulan Amerika Serikat

Suasana pemukiman israel di Maale Adumim di wilayah penjajahan Israel-Tepi Barat, Senin (27/1/2020). (REUTERS/RONEN ZVULUN)

London (ANTARA) - Inggris mendesak para pemimpin Israel dan Palestina agar memberikan pertimbangan adil terhadap rencana Amerika Serikat untuk menghadirkan perdamaian di Timur Tengah, kata Menteri Luar Negeri Dominic Raab, Selasa.

Presiden AS Donald Trump mengusulkan pembentukan negara Palestina dengan ibu kota di Yerusalem Timur, dalam upaya mencapai sebuah terobosan.

Berdasarkan rencana usulan tersebut Amerika Serikat akan mengakui permukiman Israel di Tepi Barat yang diduduki dan dengan imbalan, Israel akan sepakat menerima pembekuan selama empat tahun terhadap kegiatan permukiman baru selagi negara Palestina sedang dirundingkan.

"Ini jelas sebuah usulan yang serius, mencerminkan perluasan upaya dan juga waktu," kata Raab melalui pernyataan.

"Hanya pemimpin wilayah Israel dan Palestina yang dapat menentukan apakah usulan ini dapat memenuhi kebutuhan dan aspirasi rakyat.

"Kami mendukung mereka agar memberikan pertimbangan yang adil dan tulus terhadap rencana-rencana ini, serta mengeksplorasi apakah mereka bisa menjadi sebuah langkah awal untuk melakukan perundingan kembali," katanya.

Sumber: Reuters
 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar