Sulteng raih tujuh tiket ke PON XX di Papua

id Karate Sulteng,Koni Sulteng

Sulteng raih tujuh tiket ke PON XX di Papua

Seleksi Pra-Pon Karate berlangsung di Hall Basket Senayan. (ANTARA/HO/Erik Tamalagi)

Semua karateka Sulteng yang berhasil merebut tiket ke PON selama ini telah menjalani pembinaan di berbagai perguruan karate dan juga melalui pelatda jangka pendek dan jangka panjang Pra-PON
Palu (ANTARA) - Cabang karate Provinsi Sulawesi Tengah pada prakualifikasi PON berhasil meraih tujuh tiket menuju Pekan Olahraga Nasional XX di Papua pada Oktober 2020.

Pelatih karate Sulteng, Kristo Mondolu di Palu, Senin membenarkan sejumlah atlet terbaik cabang olahraga beladiri itu akan berlaga di PON untuk mengharumkan nama daerah ini.

Ia mengatakan terdapat tujuh kelas yang lolos ke PON nanti yakni kata putri, kumite putra -84kg, kumite putra +84kg, kumite putri -55kg, kumite putri -61kg, kumite putri +68kg dan kumite beregu putri.

"Semua karateka Sulteng yang berhasil merebut tiket ke PON selama ini telah menjalani pembinaan di berbagai perguruan karate dan juga melalui pelatda jangka pendek dan jangka panjang Pra-PON," katanya.

Baca juga: Sulteng pastikan loloskan lima atlet ke PON XX

Kristo mengatakan sebelum digodok menghadapi Pra-PON, para atlet telah melalui penjaringan dan perekrutan sesuai dengan catatan prestasi atlet.

Karena itu, kata dia, tidaklah heran jika terbukti mereka berhasil meraih tiket ke PON dan diharapkan di PON Papua nanti, atlet karate mampu mengukir kembali prestasi terbaik mereka.

"Kita sangat harapkan mereka merebut medali emas untuk mengangkat peringkat Sulteng ke posisi lebih baik lagi di iven nasional itu," harap Kristo, juga mantan karateka handal Sulteng itu.

Kristo sebelumnya tercatat sebagai salah satu atlet Sulteng yang prestasinya bersinar di tingkat nasional maupun internasional. 
Beberapa kali Kristo membela Indonesia di berbagai kejuaraan dan berhasil mengukir prestasi menggembirakan.

Sementara Ketua Umum Forki Sulteng periode 2019-2020, Yudi M Tangahu mengatakan menghadapi PON XX, atlet Sulteng yang lolos akan menjalani pelatda terpusat bersama atlet dari cabang olahraga lainnya yang telah meraih tiket ke PON.

KONI Sulteng mencatat karate sebagai cabang unggulan dan prioritas yang sangat diharapkan mempersembahkan medali emas di PON XX di Papua.
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar