Ketua KPU resmikan Mobil Pintar Pemilu Kota Palu

id KPU Palu,arief budiman,mobil pintar pemilu,sosialisasi pilkada

Ketua KPU resmikan Mobil Pintar Pemilu Kota Palu

Ketua KPU Palu, Arief Budiman menyiramkan air dalam kendi tanda dimulainya pengoperasian Mobil Pintar Pemilu Kota Palu milik KPU Palu di halaman Kantor KPU Palu, Jumat (7/2). (ANTARA/Muhammad Arsyandi)

Mobil Pintar Pemilu in bisa jadi solusi untuk meningkatkan partisipasi pemilih melalui sosialisasi pendidikan pemilih secara mobile (turun langsung ke lapangan)

Palu (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman meresmikan pengoperasian Mobil Pintar Pemilu (MPP) Kota Palu di halaman Kantor KPU Kota Palu, Jumat siang.

Mobil pintar pemilu milik KPU Palu tersebut nantinya akan digunakan untuk menyosialisasikan tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah tahun yang akan dilaksanakan September 2020 nanti.
 

"Tidak banyak yang menggunakan strategi mobil pintar pemilu untuk menyosialisasikan tahapan pemilihan kepala daerah dan meningkatkan partisipasi pemilih," katanya dalam acara tersebut.

Ia menjelaskan ada dua cara menyosialisasikan tahapan pemilihan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pilkada, tidak terkecuali di Kota Palu dan seluruh kabupaten di Sulteng, yakni dengan mendatangi para pemilih atau mengundang mereka menghadiri dan mengikuti kegiatan tahapan pilkada.

"Mobil Pintar Pemilu in bisa jadi solusi untuk meningkatkan partisipasi pemilih melalui sosialisasi pendidikan pemilih secara mobile (turun langsung ke lapangan),"ujarnya.

Oleh karenanya dia meminta jajaran KPU Palu agar memanfaatkan semaksimal mungkin keberadaan MPP tersebut dan fasilitas-faslitas yang tersedia.

"Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan selama tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kota Palu. Jangan habis Ketua KPU RI resmikan malah mogok sehingga tidak bisa lagi digunakan,"pesannya.

Baca juga: KPU Kota Palu jamin tidak ada intervensi penerimaan PPK
Baca juga: KPU-Dinkes Palu koordinasi pemeriksaan kesehatan terhadap PPK, PPS dan KPPS

Sementara itu Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid menerangkan bahwa MPP KPU Palu itu agar dimanfaatkan sebagai sarana sosialisasi tahapan dan pendidikan pemilih pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng 2020.

Melalui mobil pintar pemilu itu, pihaknya akan menyasar tempat-tempat berkumpulnya masyarakat sebagai lokasi sosialisasi dan pendidikan pemilih, utamanya pemilih muda dan pemula.

"Seperti ke warkop-warkop. Mobil Pintar Pemilu ini akan dilengkapi dengan proyektor digital, jadi bahan sosialisasi tahapan pemilihan dan pendidikan pemilih akan ditayangkan di proyektor saat sosialisasi berlangsung," ujarnya.