AS tunggu lampu hijau pengiriman tim ahli ke China terkait virus corona

id Tim ahli AS,lampu hijau,China,WHO,virus corona

AS tunggu lampu hijau pengiriman tim ahli ke China terkait virus corona

Seorang petugas medis menangani pasien yang terduga terkena virus corona di Zhongnan Hospital of Wuhan University, Wuhan, China, Jumat (24/1/2020). ANTARA/HO-Xinhua/Xiongqi/mii/aa. (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

Amerika Serikat mengapresiasi upaya China dan terus berkoordinasi dengan pejabat kesehatan masyarakat di seluruh dunia
Shanghai (ANTARA) - Para ahli penyakit menular Amerika Serikat, termasuk pejabat pemerintah, sedang menunggu lampu hijau sebelum memasuki China untuk membantu negara itu melawan wabah virus corona.

Mereka telah tercantum dalam daftar usulan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menurut juru bicara Kedutaan Besar AS kepada Reuters, Sabtu.

China setuju mengizinkan WHO membentuk tim ahli untuk diberangkatkan ke China guna mempelajari virus tersebut sekaligus mencari solusi wabah virus corona, katanya.

Baca juga: Wuhan buka RS darurat tangani virus corona
Baca juga: China investigasi kematian dokter pengungkap wabah virus corona
Baca juga: Ilmuwan China mengidentifikasi trenggiling sebagai kemungkinan inang virus corona


"Amerika Serikat mengapresiasi upaya China dan terus berkoordinasi dengan pejabat kesehatan masyarakat di seluruh dunia," katanya dalam  pernyataan melalui surat daring.

"Para ahli Amerika Serikat ini memiliki banyak pengalaman bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia dalam berbagai wabah penyakit menular dan epidemik seperti Ebola, flu burung dan SARS," tambahnya.

Sumber WHO di Jenewa menyebutkan bahwa badan tersebut masih menunggu kabar dari China terkait tim yang diusulkan tersebut, demikian disampaikan juru bicara WHO pada Sabtu, tanpa informasi lebih lanjut mengenai misi tersebut.

Kementerian Luar Negeri China belum menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Sumber: Reuters