Atlet Sulteng siap ikut kejuaraan karate di Tomohon

id karate

Atlet Sulteng  siap ikut kejuaraan karate di Tomohon

Atlet cabang olahraga karate foto bersamna usai mengukti ujian sabuk yang diselenggarakan Inkatsu Pordibya Sulawesi Tengah pada 8 Februari 2020. Foto Antara/Anas Masa (Antara/Anas Masa)

Palu (ANTARA) - Sejumlah atlet karate Sulawesi Tengah siap mengikuti kejuaraan piala Wali Kota dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejati) Tomohon, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara yang dijadwalkan berlangsung mulai 21-23 Februari 2020.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengrov Inkatsu Pordibya Sulteng, Elias Tandoapo di Palu, Minggu membenarkan telah mempersiapkan beberapa atlet terbaik guna berlaga di kejuaraan itu.

"Mereka semua yang akan dikirim telah memiliki catatan prestasi membanggakan di berbagai event tingkat nasional, regional maupun nasional," kata Elias yang juga pengurus Pengprov Forki Sulteng tersebut.

Ditemui di sela pelaksanaan ujian kenaikan sabuk, Elias yang juga adalah seorang anggota TNI AD di Palu, mengatakan menghadapi kejuaraan dimaksud, pihaknya telah melakukan latihan, bukan hanya para atlet yang akan berlaga, tetapi semua atlet yang selama ini bernaung di inkatsu Pordibya Kota Palu, Donggala dan Kabupaten Sigi.

Dia berharap pada kejuaraan tersebut, atlet binaannya itu bisa mengukir prestasi terbaik di kelasnya masing-masing.

Elias menambahkan ada beberapa atlet putra/putri yang akan berlaga, mereka pada kejuaraan nasional inkatsu Pordibya di Jakarta beberapa waktu lalu berhasil merebut medali emas, perah dan perunggu.

"Kita berharap di piala Wali Kota dan Kejati Tomohon, mereka bisa kembali mengharumkan nama pribadi dan daerahnya," kata dia.

Sementara Ketua Majelis Sabuk Hitam Pengprov Inkatsu Pordibya Sulteng, Burhan mengatakan perkembangan karate di daerah ini dalam kurun beberapa tahun terakhir ini cukup mengembirakan.

Baik dari sisi perguruan, maupun atlet yang berhasil mengukir prestasi cemerlang di berbagai event sampai tingkat nasional mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Bahkan, KONI Sulteng, kata dia, telah menetapkan salah satu dari tujuh cabang unggulan pada PON XX di Papua 2020 adalah cabang olahraga karate. Karate termasuk cabang yang sangat berpotensi untuk merebut medali di PON XX.

Pada PON XIX di Jabar 2016, cabang karate berhasil menyabet dua medali perak dan tiga medali perunggu.