Bupati Poso terima bantuan hibah di Rakornas Penanggulangan Bencana

id bupati poso

Bupati Poso terima bantuan hibah di Rakornas Penanggulangan Bencana

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu (kanan) saat berbincang dengan Kapolri Idham Azis (kedua kiri) dan Panglima TNI  Hadi Tjahjanto (kiri) di acara Rakornas Penanggulangan Bencana di Bogor,Selasa(4/2). Foto ANTARA/HO/Humas Pemkab Poso

Poso (ANTARA) - Bupat Poso Kol Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Poso Noldy Tobondo menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana tahun 2020 di Sentul International Convention Center Bogor, Jawa Barat, Selasa, 4 Februari 2020.

 

Acara Rakornas tersebut dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri Kabinet Menteri Indonesia Maju antara lain Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Efendy, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sitti Nurbaya, Menteri Riset dan Teknologi, Panglima TNI Hadi Thayanto, Kapolri Idham Azis bersama seluruh kepala daerah provinsi/kabupaten/kota dan kepala BPBD se-Indonesia.

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi menyampaikan bahwa diperlukan solusi permanen dalam menanggulangi bencana, bukan hanya mengurusi masalah pengungsi, tetapi juga solusi yang merupakan hal lebih penting sehingga resiko dampak bencana dapat dicegah atau dikurangi.

Presiden menginstruksikan agar semua instansi pemerintah baik pusat maupun daerah dapat bersinergi dalam mencegah, memitigasi, dan meningkatkan kesiapsiagaan pada bencana.

“Bupati/wali kota dan gubernur agar segera menyusun rencana kontinjensi termasuk dalam menyiapkan kesiagaan sarana prasarana, sehingga ketika bencana benar terjadi, semua pihak siap menanganinya secara tuntas” ujar Jokowi.


Bupati Poso Darmin Agustinus usai mengikuti acara Rakornas yang bertema “Penanggulangan Bencana Urusan Bersama” itu menanggapi tema acara tersebut bahwa hendaknya menyadarkan serta memotivasi masyarakat bahwa dalam urusan penanggulangan bencana bukanlah urusan pemerintah semata, melainkan menjadi urusan bersama seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Poso.

“Kalau kita menjaga alam, maka alam pun akan menjaga kita, dalam artian bahwa kalau kita sebagai manusia dapat hidup tanpa merusak alam atau ekosistem yang ada, dengan menjaga serta melestarikannya, maka alam pun akan terpelihara dengan baik serta meminimalisir adanya kerusakan alam yang bisa berdampak pada timbulnya bencana akibat ulah manusia sendiri” ujar Darmin.

 

Pada kesempatan itu Darmin mengatakan Kabupaten Poso baru saja menerima bantuan Hibah Barang Milik Negara dengan nilai Rp661 juga lebih untuk memaksimalkan kinerja BPBD Kabupaten Poso.

Ia juga berterima kasih kepada Badan Penanggulangan Bencana Pusat yang telah menghibahkan beberapa peralatan/barang untuk BPBD Kabupaten Poso dengan harapan dengan adanya peralatan/barang yang dihibahkan ini mampu mendukung program pemerintah daerah dalam menghadapi atau mitigasi bencana di daerah itu.

Bantuan hibah barang milik negara tersebut antara lain NAS Storage, router, switch, perangkat display pusdalops dan sejumlah peralatan lain yang menunjang kinerja BPBD Kabupaten Poso.

“Pada dasarnya Pemerintah Kabupaten Poso saat ini selalu berupaya untuk mewujudkan Arah Kebijakan dalam Peningkatan Ketahanan Bencana di Kabupaten Poso, antara lain penguatan data, informasi dan literasi bencana, penguatan sistem, regulasi dan tata kelola bencana serta peningkatan sarana dan prasarana kebencanaan,” ujar  Darmin.

 

Ia menambahkan integrasi kerjasama kebijakan dan penataan ruang berbasis resiko bencana serta penguatan penanganan darurat bencana juga menjadi salah satu hal penting dalam mewujudkan peningkatan ketahanan bencana di Kabupaten Poso.

 

Dalam pertemuan tersebut Bupati Poso Darmin Agustinus juga berkesempatan berdiskusi langsung dengan Kapolri Idham Azis dan Panglima TNI  Hadi Tjahjanto.

Pada kesempatan itu Darmin melaporkan bahwa kondisi keamanan di Poso yang kondusif serta selalu berkoordinasi terkait dalam penanganan masalah keamanan di daerahnya.
 

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu (kedua kanan) saat di sela acara Rakornas Penanggulangan Bencana di Bogor,Selasa(4/2). Foto ANTARA/HO/Humas Pemkab Poso