Samsurizal: momentum HPS perkenalkan kekayaan alam Parigi Moutong

id HPS, bupati parimo, samsurizal, parigi moutong

Samsurizal: momentum HPS perkenalkan kekayaan alam Parigi Moutong

Bupati Kabupaten Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu. Foto ANTARA/Moh Ridwan

Parigi (ANTARA) - Bupati Kabupaten Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu mengatakan momentum Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-40 tahun 2020 merupakan kesempatan untuk memperkenalkan kekayaan alam di mata dunia.

"Di kegiatan ini akan menghadirkan diplomat perwakilan masing-masing negara dan kemungkinan mereka membawa investor, olehnya itu kesempatan kita memperkenakan potensi alam Parigi Moutong baik sektor pariwisata, pertanian, kelautan dan perikanan serta potensial lainnya," ujar Samsurizal, di Parigi, Selasa.

Bupati menjelaskan, sebagai tuan rumah penyelengaraan agenda internasional pada Oktober mendatang maka panitia sudah harus berbenah dan mempersiapkan segala sesuatu kebutuhan yang diperlukan termasuk penginapan dan transportasi untuk para tamu.

Hari pangan sedunia akan dirangkaikan dengan Hari Ikan Nasional, sehingga kegiatan itu dipastikan menghadirkan banyak orang baik tamu dari luar daerah hingga perwakilan masing-masing negara sahabat, bahkan rencanannya akan mengunjungi sejumlah wilayah sebagai sentra pangan dan perikanan.

Bahkan bupati juga meminta masyarakat setempat harus mampu menciptakan produk baru yang belum dimiliki daerah lain melalui inovasi karena akan menjadi kredit penilaian tertinggi di hari pangan sedunia.

"Belajar dari pengalaman sebelumnya, kita kewalahan di bidang transportasi ketika melaksanakan kegiatan berskala nasional. Mulai sekarang kita sudah harus bekerja dan mempersiapkan dengan matang kebutuhan-kebutuhan itu," kata Samsurizal.

Ia juga meminta para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di jajaran Pemkab Parigi Moutong agar membangun komunikasi dan koordinasi dengan penyelenggara teknis demi menyukseskan penyelenggaraan hari pangan sedunia dan hari ikan nasional.

"Kepala OPD segera mengintruksikan kepada bawahannya agar melakukan penghijauan di areal intsansi masing-masing," kata dia menambahkan.

Dikemukakannya, beberapa waktu lalu pihaknya telah berkomunikasi dan koordinasi dengan Kementerian Pertanian membahas langkah-langkah persiapan pelaksanaan hari pangan.

Pelaksanaan hari pangan sedunia dan hari ikan nasional memberikan keuntungan tersendiri bagi kabupaten setempat, antara lain akan berdampak positif terhadap pengembangan daerah dan saat ini Parigi Moutong sedang berupaya menjadi penyangga logistik ibu kota negara yang baru di Kalimantan nanti.

"Dari hari pangan ini sebagai terobosan kita untuk menggapai cita-cita menjadi penyangga lumbung logistik Ibu Kota Negara," demikian Samsurizal.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar